25/04/2024 8:44
NASIONAL

69 WNI Kembali ke Indonesia dari Malaysia Lewat Bandara Kualanamu

fokusmedan : Kebijakan lockdown yang diterapkan pemerintah Malaysia memaksa 69 TKI dan mahasiswa asal Sumatera Utara dan Aceh, pulang ke Indonesia melalui Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, Selasa (28/4). Sebaliknya, 126 WN Malaysia juga kembali ke negaranya di hari dan melalui tempat yang sama.

WNI dari Malaysia tiba di Bandara Kualanamu sekitar pukul 15.00 WIB. Mereka menumpang pesawat Malaysia Airline MH-864. Sekitar 45 menit berselang 126 WN Malaysia pulang menggunakan Malaysia Arlines MH-865.

Saat tiba di terminal kedatangan international, 69 WNI menjalani pemeriksaan kesehatan sesuai protokoler kesehatan Covid-19. Mereka melewati mesin body cleaner, pemeriksaan suhu tubuh, proses wawancara hingga pemeriksaan dokumen.

Pemeriksaan kesehatan ini dikawal petugas keamanan Bandara Kualanamu dari Polresta Deli Serdang, Kodim 0204/Deli Serdang, dan Avsec Bandara Kulanamu.

“Jika ditemukan suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius akan langsung dirujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19 di Medan dan Deli Serdang. Jika seluruhnya negatif Covid-19 mereka harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari, karena mereka berstatus ODP,” kata Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Kualanamu, Sofyan Hendri.

Sementara 126 WN Malaysia yang pulang ke negaranya tidak menjalani pemeriksaan kesehatan. “Pemeriksaan akan dilakukan di negaranya,” ujar Sofyan.(yaya)