28/05/2024 13:44
NASIONAL

Mentan Jamin Tak Ada Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok

fokusmedan : Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menegaskan stok bahan pangan saat ini aman dan masyarakat tak perlu panik dan khawatir harga naik. Dia mengatakan, bahwa pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan pemantauan pasokan bahan pangan di tengah wabah virus corona.

“Harga tinggi tentu banyak penyebabnya, Supply-demand (permintaan-penawaran) harus kita ukur betul, dan hari ini saya pastikan bersama pelaku-pelaku sampai tingkat pasar, jadi tidak hanya pemerintah daerah maupun jajaran dinas pertanian, dirjen-dirjen dan badan-badan saya akan turun untuk mengklarifikasi supply and demand,” kata Syahrul setelah melakukan kunjungan pantauan ke PT Food Station Tjipinang, Pulo Gadung, Jakarta, Rabu (18/3).

Dia mengakui, saat ini terjadi peningkatan permintaan pangan. Namun dia berjanji akan terus memantau harga agar tidak naik. Sebab, stok di lapangan di pantau juga sangat cukup

“Mestinya, kalau stok kita cukup harga tidak boleh naik. Tapi kenyataan lapangan seperti ini, ini yang akan kita kendalikan. Salah satu pengendaliannya lakukan operasi pasar, dekatkan distribusi, membackup food station, memback-up pasar-pasar yang ada. Kalau juga masih tidak bisa operasi pasar bapak presiden sudah perintahkan untuk kami lakukan,” jelasnya.

Jangan Timbun Bahan Pangan

Selain itu, dia juga mengingatkan agar jangan sampai ada oknum yang menjadikan momentum wabah corona dan menjelang puasa hingga hari Lebaran untuk mencari uang berlebih, maupun menimbun bahan pangan, serta yang lainnya.

“Jangan ada orang yang merasa ini momentum cari uang berlebihan. Kita menghadapi hal seperti itu. Ada juga yang tadinya membeli terlalu banyak, menyimpannya perlahan-lahan, ini kondisi biasa yang kita lakukan. Cara pengendaliannya adalah mendekatkan distribusi dan pengendalian stok yang ada harusnya ada untuk kontingensi (ketidakpastian),” ungkapnya.

Dia menilai, pemerintah tidak perlu melakukan intervensi pasar karena stok masih sangat aman terkendali.

“Tapi kalau tidak normatif saya dapat perintah dalam ratas tadi ini untuk bersama Pemda dan gubernur seluruh indonesia untuk sikapi bersama. Insyaallah tidak ada kepanikan panic buying dan lain-lain dengan corona,h bahan pokok ini aman,” pungkasnya.(yaya)