15/04/2024 16:51
NASIONAL

Bulan Depan, 25.000 Ton Daging Kerbau Asal India Masuk ke Indonesia

fokusmedan : Pemerintah menargetkan akan mengimpor daging kerbau sebanyak 100.000 ton tahun ini. Dari jumlah tersebut, sekitar 25.000 ton akan mulai masuk Indonesia pada April mendatang untuk memenuhi permintaan jelang Ramadan.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum Badan Urusan Logistik (Bulog), Bachtiar mengatakan, pihaknya ditunjuk sebagai badan pelaksana impor. “Daging kerbau mungkin periode ini 25.000 ton. Untuk menghadapi Lebaran. Mungkin April lah ya,” ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (6/3).

Dengan adanya penugasan tersebut, Bulog kini menunggu izin impor dari Kementerian Perdagangan. Begitu izin diterbitkan, Bulog akan segera menghubungi negara rekanan impor daging kerbau salah satunya India.

“Izinnya sebentar lagi ke luar. Kalau masalah (komunikasi dengan India) itu kan cepat. Kan kita sudah ada jejaringnya,” kata Bachtiar.

Bachtiar menambahkan, impor daging kerbau harus segara dilakukan. Sebab stok daging saat ini hanya tinggal 1.000 ton. “Daging kerbau masih ada. Kalau stok di saya sekian ribu ton lah ya. 1.000 lebih,” tandasnya.

Pemerintah Percepat Impor Daging Hingga Bawang Putih

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar rapat koordinasi mengenai pangan. Rapat tersebut dihadiri oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, pemerintah memutuskan untuk mempercepat impor sejumlah bahan pangan seperti daging, gula hingga bawang putih. Khusus gula, pemerintah akan menambah stok gula impor.

“Keputusan rapat ini mempercepat impor bahan baku. Antar lembaga semuanya kita sinergikan. Jadi, mengenai gula, bawang putih, kita percepat semuanya. Mengenai gula stoknya akan kita tambahkan,” ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (6/3).

Untuk bawang putih pemerintah akan mengimpor sebanyak 90.000 ton. Sementara untuk daging sudah berjalan, untuk penambahan kuota masih dihitung bersama dengan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog).

“Bawang putih hari ini masuk. Kita lihat kita keluarkan semua berdasarkan kebutuhan semua. Yang sudah keluar kira-kira 90.000. Daging memang sudah dilaksanakan dengan Bulog. Kita keluarkan sesegera mungkin,” jelasnya.(yaya)