Ini 3 kriteria pemantauan pasien COVID-19

fokusmedan : Meski dilakukan pemantauan, setelah diduga suspect COVID-19 di Rumah Sakit Umum (RSU) Haji ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, namun pasien yang memiliki riwayat kontak dengan warga negara Singapura.dinyatakan sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut) dr Alwi Mujahit Hasibuan melalui Sekretaris Dinas dr Aris Yudhariansyah menyampaikan, ada tiga kriteria yang ditetapkan terhadap kasus COVID-19. Pertama, adalah pemantauan terhadap orang sehat yang baru pulang dari negara terpapar, kedua orang dalam pemantauan (ODP) berupa orang yang sakit seperti pilek, dan ketiga pasien dalam pengawasan (PDP) yakni yang mendapatkan perawatan di ruang isolasi.

“Pasien yang dirujuk dari RS Haji ke RS Adam Malik kemarin, ialah ODP. Sebab ia sudah dinyatakan sehat, tapi masih akan dilakukan pemantauan,” sebutnya kepada wartawan, Rabu (4/3).

Ia menjelaskan, pemantauan itu dilakukan selama 14 hari terhitung sejak ia dipulangkan ke rumah. Nantinya, kata dia, yang bersangkutan akan di monitor setiap hari oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dimana ia berdomisili.

“Masyarakat  tidak perlu panik. Karena pasien yamg dikirim tidak termasuk dalam kriteria yang terkonfirmasi corona,” pungkasnya.(riz)