19/05/2024 9:10
NASIONAL

USU dan BPS Sumut jalin kerjasama

fokusmedan : Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara, Selasa (3/3).

Bertempat  di Gedung Biro Rektor USU, penandatangan ini dilakukan oleh Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu dan Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi.

Rektor USU, Prof Dr Runtung mengatakan, penandatangan kerjasama ini sangat memberikan manfaat bagi mahasiswa dan, BPS dapat menjadi narasumber untuk membekali para mahasiswa.

Terlebih lagi, lanjutnya, saat ini mahasiswa tidak cukup hanya mengandalkan ijazah tapi harus memiliki Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). SKPI ini didapatkan melalui kegiatan akademik di luar program studi.

Tentu “SKPI ini menjadi nilai tambah untuk mendapatkan pekerjaan dan kita harapkan mahasiswa USU nantinya bisa mendapatkannya saat magang atau melakukan kegiatan dengam BPS. Itu menjadi pendamping keterampilan mahasiswa saat memasuki dunia kerja,” sebutnya kepada wartawan..

Ia mengatakan, kerjasama dengan BPS juga sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, yang sudah meluncurkan 4 kebijakan salah satunya terkait dengan lembaga di luar universitas yakni kuliah di luar program studi maksimal 3 semester.

Sementara itu, Kepala BPS Sumut, Syech Suhaimi menambahkan, penandatanganan ini merupakan kelanjutan dari yang sudah dilakukan di tingkat nasional.

“BPS sangat membutuhkan universitas sebagai mitra dalam berbagai kegiatan termasuk untuk mensukseskan Sensus Penduduk 2020,” tandasnya.(ten)