Istana Bantah Beli Pesawat Baru Untuk Presiden, Tapi Berencana Sewa

fokusmedan : Istana membantah telah membeli pesawat baru kepresidenan. Isu ini awalnya berhembus dari media sosial yang memperlihatkan foto Pesawat tipe Boeing 777-300 ER dicat putih dan bertuliskan ‘Republik Indonesia’.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjawab isu itu. Dia membantah adanya pembelian pesawat yang memiliki logo ‘Garuda Indonesia’ itu.

“Ya enggak, yang jelas tidak ada pembelian,” ujar Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/2).

Kendati begitu, dia mengakui bahwa ada rencana dari Istana untuk menyewa pesawat tersebut apabila Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke suatu negara yang jarak tempuhnya cukup jauh. Pasalnya, pesawat kepresidenan saat ini tidak bisa menempuh jarak jauh.

“Enggak, enggak, ya nanti kalau ada perjalanan jauh kemungkinan kita baru (sewa),” ucapnya.

Pesawat kepresidenan saat ini diketahui berjenis Boeing Bussines Jet (BBJ) 2 tipe 737-800. Apabila melakukan perjalanan jauh seperti Amerika Serikat, pesawat itu harus melakukan transit terlebih dahulu.

“Jadi transit itu kan mahal banget,” kata Pratikno.

Namun, dia pun menegaskan bahwa hingga kini belum ada transaksi untuk menyewa pesawat tersebut. Transaksi baru akan dilakukan apabila Jokowi melakukan kunjungan kerja ke luar negeri yang jaraknya jauh.

“Loh kita belum ada rencana pergi kok. Nanti kalau sudah pergi nah itu (baru disewa),” jelas Pratikno.

Adapun foto pesawat kepresidenan baru diunggah akun Instagram @avia.pedia. Meski unggahan itu sudah dihapusnya, foto pesawat itu sudah terlanjur tersebar di media sosial.(yaya)