15/04/2024 15:17
NASIONAL

Komisi I DPR Sepakat Membentuk Panja Ketahanan Virus Corona

fokusmedan : Komisi I DPR RI memutuskan untuk membentuk Panitia Kerja (Panja) Ketahanan Negara untuk virus corona dengan Kementerian Pertahanan dan BIN. Panja dibentuk karena melihat maraknya penyebaran virus corona di banyak negara.

Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan panja ini akan memastikan kelengkapan instrumen ketahanan negara dalam menghadapi dampak multi dimensi virus corona. Baik dari aspek kesiapan pencegahan penyebaran, penangkalan, pemulihan dan dampak ekonomi.

“Tentu dampaknya multi dimensi. Untuk itu kita harus siapkan secara komprehensif, mulai dari evaluasi peralatan deteksi dini, karantina hingga pemulihan di seluruh Indonesia,” kata Bobby kepada wartawan, Kamis (27/2).

Selain itu, kata dia, panja ini akan memonitor kesiapan lembaga negara dalam mengantisipasi pelambatan transaksi ekonomi, seperti sektor importasi bahan baku atau ekspor hingga sektor pariwisata akibat virus tersebut.

Tercatat, ada 38 negara dari Amerika, Asia, Timur Tengah hingga Eropa yang warganya sudah terinfeksi virus Covid-19 ini. Hingga saat ini, tercatat ada 80.000 orang dari berbagai negara yang sudah terinfeksi virus corona dan 2.763 orang meninggal dunia.

Korban meninggal akibat corona terbanyak berada di China, yakni 2.717 jiwa dan 78.159 orang yang terinfeksi virus ini, Rabu (26/2).(yaya)