Antisipasi penyebaran virus corona, Pemprov Sumut data TKA asal China

fokusmedan : Mengantisipasi penyebaran virus Corona, pemerintah Provinsi Sumut melakukan pendataan terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA) terutama asal China yang tersebar di sejumlah Kabupaten/Kota.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah menyampaikan , pihaknya sudah melakukan rapat kordinasi yang dipimpin Gubsu.

“Poinnya adalah┬ámencatat data warga negara asing (WNA) terutama dari China yang bekerja di Sumut,” sebutnya kepada wartawan, Rabu (29/1).

Ia menjelaskan, pihaknya sudah melakukan penyuratan terhadap Kabupaten/Kota yang memiliki data TKA WNA China yang bekerja diwilayahnya. Salah satunya yang sudah dilakukan di Kabupaten Langkat.

“Dan kegiatan itu koordinasinya nanti ke Dinas Kesehatan Provinsi,” ujarnya.

Aris mengakui, Dinas Kesehatan Sumut juga sudah membuat posko antisipasi virus corona yang bertempat di Surveilans Dinas Kesehatan Provinsi Sumut.

“Karena, instansi yang berhak memberikan penjelasan terkait virus coro ini ada dua, yakni Dinas Kesehatan Provinsi dan juga tim PINERE RSUP Haji Adam Malik,” jelasnya.

Sedangkan Timsus yang dibentuk, lanjutnya,  terdiri dari Dinas Kesehatan Sumut, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, dan rumah sakit sekitar.

“Bila ada pasien suspect yang ditemukan, akan dirujuk langsung ke RSUP Haji Adam Malik Medan,” pungkasnya.(riz)