Viral Maling Rusak Sanggar Belajar Anak di Tembung : Pak Polisi Tolong …

 

Ist-fokusmedan.com

Fokusmedan.com : Sebuah video yang menunjukkan sejumlah anak-anak yang meminta tolong kepada polisi karena sanggar tempat mereka belajar dirusak dan sejumlah barang kebutuhan belajar dicuri, viral di media sosial (Medsos).

Dilihat dari akun instagram @taukotembung, Jumat (27/5/2022), terungkap lokasi pencurian terjadi di Sanggar Literasi Tembung yang berada di Jalan Duku Raya tepian Sungai Tembung , perbatasan Desa Bandar Khalipah dan Desa Laut Dendang, Kecamatan Percut Sei Tuan.

“Pak polisi tolong tangkap yang mencuri dan merusak tempat belajar terimakasih pak polisi,” ujar sejumlah anak-anak secara serempak di dalam sanggar.

Masih dalam video itu, salah seorang pria juga menyampaikan kalau maling merusak jaring kawat lalu masuk ke dalam sanggar untuk melakukan pencurian.

“Ini adalah sebagian anak-anak yang belajar ngaji malam juga belajar les, jadi ada pekerjaan sekolah dikerjakan disini. Jadi malingnya itu merusaknya lewat sini,” ujarnya seraya menunjukan jaring kawat yang bolong.

Dalam narasinya, pengunggah video menyampaikan aksi pencurian ini diduga terjadi pada Rabu (25/5/2022) petang.

“Menjelang maghrib, diketahui sekitar pukul 19.00 WIB ketika anak-anak datang ke sanggar untuk kegiatan rutin maghrib mengaji dan belajar bersama,” tulisnya.

Adapun kerugian meliputi, kerusakan bangunan sanggar akibat di bobol paksa, meja belajar akibat di campak-campakan (diobrak-abrik), kehilangan ambal/karpet, dispenser berserta galon, ATK dan peralatan melukis, menggambar, mewarnai, menari.

“Serta peralatan kebutuhan belajar lainnya satu paket diperkirakan senilai lebih dari Rp 1 juta. Buku-buku bacaan dan pendukung media belajar lebih dari 100 buku hilang, 34 pcs tas dan hadiah untuk anak anak yang aktif juga turut hilang diperkirakan juga senilai lebih dari Rp 1 juta,” ungkapnya.

“Sebelumnya juga sudah pernah terjadi beberapa kali pencurian seperti bola lampu, buku-buku, tirai bambu, plang besi sanggar dan banyak lainnya, serta pencurian HP serta Ranmor kereta jenis Scorpio milik relawan sanggar dan sudah dilaporkan ke pihak Polsek percut Sei Tuan,” sambung pengunggah dalam narasinya.

Dalam narasinya pengunggah juga menyampaikan kalau perbuatan pelaku sungguh keterlaluan, dan menduga pelaku merupakan pecandu narkoba jenis sabu-sabu.

“Diduga pelaku pencurian dan perusakan berulang adalah pemuda pemuda sekitar yang menggunakan narkoba, karena salah satu warga perna memergoki mereka saat beraksi membobol sanggar.
Semoga Pihak yang berwenang dapat merespon kejadian ini,” tukasnya.

Sementara, Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol M Agustiawan ketika dikonfirmasi menjelaskan pihaknya akan menindaklanjuti aksi pencurian di sanggar belajar anak tersebut.

“Baik, kami tindakanjuti,” tukasnya.

(Rio)