Sedang Memanen Cabai, Petani di Aceh Selatan Diterkam Harimau

Fokusmedan.com : Muhajir (47) seorang warga Desa Seuleukat, Kecamatan Bakongan Timur, Kabupaten Aceh Selatan, diterkam harimau Sumatera saat memanen cabai di kebun. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (21/5) sekitar pukul 11.00 WIB.

“Beliau (Muhajir) tengah memanen cabai di kebun miliknya, lalu harimau tiba-tiba muncul dari semak belukar di sekitar kebun. Karena merasa takut, Beliau memanjat pohon untuk menyelamatkan diri,” kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Hadi Sofyan kepada merdeka.com.

Dia menuturkan, ketika sedang menaiki pohon, kaki kanan Muhajir yang masih menjuntai di bawah sontak diterkam harimau. Beruntung dia berhasil cepat melepas cengkraman r hutan itu.

“Harimau menyerang dari bawah dan mengenai kaki bagian kanannya, sehingga menimbulkan luka,” ujar Hadi.

Usai harimau pergi, Muhajir turun dari pohon dan meminta bantuan warga setempat. Dia dilarikan ke rumah sakit di Tapaktuan, Aceh Selatan.

Menurut Hadi Sofyan, konflik satwa harimau Sumatera dengan manusia di Desa Seuleukat dan sekitarnya sudah terjadi sejak akhir 2021 lalu hingga kini. Namun kasus seperti yang menimpa Muhajir tersebut baru terjadi sekali.

Sepanjang tujuh bulan itu, harimau kerap memangsa hewan peliharaan warga. Berulang kali warga sudah mengadu ke pihak BKSDA Aceh, tapi belum melahirkan solusi apapun.

“Kami sudah lakukan penanganan untuk evakuasi (harimau) agar dibawa kembali ke habitatnya, tapi belum berhasil,” jelas Hadi.(yaya)