Polrestabes Medan Bekuk 2 Pengedar Sabu dan Ganja

Ilustrasi penangkapan. Ist

Fokusmedan.com : Satres Narkoba Polrestabes Medan membekuk 2 pengedar narkoba masing-masing berinisial NHD dan KS keduanya warga Perumnas Mandala, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang.

Kanit Idik 2 Satres Narkoba Polrestabes Medan Iptu Hardiyanto kepada wartawan, Sabtu (21/5/2022) sore mengatakan penangkapan terhadap kedua tersangka merupakan tindaklanjut dari pengaduan masyarakat (Dumas) ke Satres Narkoba.

“Isi Dumas tersebut menyebutkan bahwa maraknya peredaran narkoba di kios Pajak Enggang Jalan Enggang Perumnas Mandala. Menindaklanjuti informasi itu, selanjutnya tim langsung bergerak ke lokasi dan melakukan penggerebekan di dalam 2 kios,” ujarnya.

Pada kios kosong yang pertama sambung Kanit, petugas membekuk seorang pria berinisial KS. Dari dalam kios disita barang bukti 16 bungkus kecil berisi ganja seberat 34,1 gram, uang Rp 10 ribu, 7 kertas coklat yang dipotong kecil serta hekter. Sedangkan di kios yang kedua petugas berhasil menangkap NHD. Serta mengamankan barang bukti 3 bungkus plastik berisi sabu seberat 0.36 gram, uang Rp 50 ribu dan 1 bungkus plastik klip.

“Dari hasil interogasi, kedua tersangka mengaku mengedarkan narkoba sejak 2 bulan yang lalu. Aparat tersangka menjual narkoba di dalam kios agar mengelabui petugas. Selanjutnya kedua tersangka berikut barang bukti digelandang ke Mako guna pemeriksaan lebih lanjut,” tegasnya.

Lanjut Iptu Hardiyanto, untuk 1 gram ganja bisa digunakan untuk 1 orang. Dari 34,1 gram ganja, setidaknya 34 orang terselamatkan. Sementara 1 gram sabu bisa digunakan untuk 10 orang. Dari 0,34 sabu, setidaknya 3-4 orang terselamatkan.

“Kedua tersangka dijerat dengan Pasal penyuapan 4 Ayat (1) Dubs 112 Ayat (1) Subs 111 Ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang narkotika,” pungkasnya.

(Rio)