Hindari Masalah yang Akibatkan Busi Tidak Berfungsi Optimal

Fokusmedan.com : Kepedulian untuk memperhatikan kondisi berbagai komponen pada motor kesayangan harus menjadi rutinitas para pengendara. Seperti halnya melakukan pengecekan rutin pada busi yang merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pengapian pada motor.

Kondisi busi yang tidak sehat akan sangat mengganggu dan mengakibatkan motor mogok, mengingat busi motor memiliki fungsi untuk meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh ignition coil menjadi percikan api yang akan membakar campuran udara dan bensin di ruang bakar.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan, bahwa busi merupakan komponen vital pada mesin motor, karena busi sebagai salah satu faktor yang menentukan hidup matinya motor, sehingga sering dikatakan sebagai jantungnya mesin motor. Ketika busi motor mengalami masalah, maka dapat mengakibatkan sistem pengapian tidak bekerja secara sempurna. Untuk itu perlunya selalu merawat kondisi busi agar berfungsi secara optimal.

Mengingat pentingnya peran busi pada motor, maka Honda ingin berbagi terkait beberapa masalah yang mengakibatkan busi tak berfungsi secara optimal. Pertama, kebocoran oli dapat terjadi akibat kondisi oil seal pada valve sudah tidak bagus dan dinding silinder mesin yang mengalami keausan atau baret. Selain itu bisa juga disebabkan oleh ring piston yang rusak atau aus sehingga tak bisa mencegah oli masuk ke ruang bakar. Saat terjadi kebocoran oli ke ruang bakar, oli yang terbakar membuat asap yang keluar dari lubang knalpot jadi lebih tebal dan banyak.

Kedua, terlalu banyak bensin di ruang bakar sering terjadi pada sepeda motor dengan sistem pembakaran karburator sebagai suplai bahan bakarnya. namun hal itu bisa juga terjadi pada motor injeksi. Umumnya karena injektor kotor, kurangnya fungsi sensor-sensor pendukung dan pompa bahan bakar yang kurang baik, sehingga bensin yang disemprotkan tidak lagi berbentuk kabut.

Ketiga, salah satu penyebab lainnya karena ada terjadinya korsleting di jalur pengapian, dimana kondisi tersebut akan memengaruhi kerja busi. Seperti pada kasus kebocoran arus di kabel coil, menyebabkan arus listrik yang seharusnya masuk ke busi menjadi langsung menuju ke bodi mesin.

Erwin Chandra menambahkan berkendara aman dan nyaman dengan motor tentunya harus didukung kondisi motor dengan seluruh komponen yang prima. Karena itu penting untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara berkala di bengkel resmi AHASS yang memberikan layanan servis terbaik yang didukung dengan peralatan canggih dan para mekanik terlatih, serta memberikan kenyamanan melalui penerapan protokol kesehatan.(ril)