Jenderal Dudung Kenang Brigjen Stepanus Mahury: Salah Satu Perwira Terbaik TNI AD

Fokusmedan.com : Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin upacara Pemakaman Militer Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura Brigjen TNI Stepanus Mahury. Pemakaman ini dilakukan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung, Jawa Barat, Senin (16/5).

Almarhum Brigjen TNI Stepanus Mahury diketahui meninggal dunia dikarenakan sakit di Rumah Sakit Siloam, Ambon, pada Sabtu (14/5) sore. Almarhum meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

Pria kelahiran Ambon, Maluku 17 Mei 1965 ini merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1988. Sebelum menjabat Kasdam XVI/Pattimura, Stepanus Mahury pernah menjabat sebagai Asisten Potensi Wilayah (Aspotwil) Kaskogabwilhan III.

Almarhum Dikenang Memegang Teguh Prinsip Perjuangan

Sebelum memimpin pemakaman di TMP Cikutra, Bandung, Dudung juga bertindak sebagai Inspektur upacara pada penyambutan jenazah almarhum di Bandara Soekarno-Hatta yang tiba dari Ambon, Maluku dan persemayaman almarhum di Aula Ahmad Yani Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif), Bandung.

Dudung mengatakan, TNI Angkatan Darat sangat berduka dan kehilangan salah satu Perwira terbaiknya. Menurut Dudung, almarhum selama bertugas menjadi prajurit TNI AD bekerja baik sehingga begitu besar pengabdiannya kepada negara dan bangsa.

“Dengan kepergian Almarhum berarti kita semua kehilangan salah seorang putra terbaik bangsa, yang selalu memegang teguh prinsip-prinsip perjuangan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara,” kata Dudung dalam sambutannya.

Usai memimpin Upacara Pemakaman Militer, Dudung langsung menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Istri Almarhum.

Upacara Pemakaman Militer Almarhum Brigjen TNI Stepanus Mahury juga dihadiri oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo, para Pejabat Kodam XVI/Pattimura, pihak keluarga dan Pejabat Utama Markas Besar Angkatan Darat.(yaya)