20/04/2024 8:16
SUMUT

BMKG Pantau Ada Dua Titik Panas di Sumut

Fokusmedan.com : Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau adanya dua titik panas atau hot spot di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Defri Mandoza mengatakan, kedua titik panas tersebut terpantau berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20.

“Kedua titik panas terpantau di Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang lawas Utara dan di Kecamatan Sopoholon Kabupaten Tapanuli Utara,” katanya, dilansir Antara, Sabtu (14/5).

Sementara terkait cuaca di Sumut diperkirakan siang berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kepulauan Nias, Asahan, Karo, Simalungun, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu, Medan, Deli Serdang, Langkat, Serdang Bedagai, Batubara, P. Siantar, T. Tinggi, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar Sumatera Utara dan hujan Lebat di Langkat, Karo, Dairi, Deli Serdang, dan sekitarnya. Dini hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar Sumatera Utara.

Suhu udara 17.0-33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60-95 persen, dan angin berhembus dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Terkait kondisi tersebut masyarakat diminta agar waspada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir di Lereng Timur dan Pegunungan Sumatera Utara.(yaya)