Hj Nawal Lubis Hadiri HBH Bersama ADHA

Fokusmedan.com : Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Hj Nawal Lubis menghadiri kegiatan Halal Bihalal Bersama ADHA (Anak Dengan HIV/Aids di Kantor Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Sumut di Medan

“Saya berharap anak-anak tetap dalam keadaan sehat dan terus penuh semangat ya. Tetap jaga protokol kesehatan karena pandemi belum selesai,” ujar Hj Nawal Lubis, Rabu (11/5/2022).

Ia berharap masyarakat dapat menerima keberadaan ADHA dan tidak perlu kuatir yang berlebihan karena tidak otomatis bergaul bersama ADHA maka akan tertular.

Mereka juga sama dengan anak lainnya punya hak dan kewajiban. Mereka perlu bersosialisasi, bermain, berpendidikan, mendapat layanan kesehatan dan sebagainya. Jadi jangan sampai mereka mendapat stigma dan diskriminasi. Saat ini saya bersama Forum Peduli ADHA, Ibu Saurma dan kawan-kawan akan terus menyuarakan agar ADHA mendapatkan perlindungan dan haknya sebagaimana hak anak lainnya,” tegasnya didampingi Ketua Forum Peduli ADHA Saurma MGP Siahaan.

Sementara itu, Ketua KPA Provsu Ikrimah, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hj Nurlela, dan Kepala Biro Organisasi Aprilla Siregar.

“Kegiatan HBH Bersama ADHA ini kami laksanakan untuk tetap dapat memberikan kebahagiaan kecil bagi ADHA dalam suasana Idul Fithri. Kami senang sekali karena Ibu Hj Nawal Lubis yang juga Ibu Asuh ADHA terus mendukung dan dengan ketulusan selalu memberikan waktu untuk kebersamaan dengan ADHA. Semoga hal ini dapat menambah semangat bagi anak-anak kita,” beber Saurma Siahaan bersama Priasih dan Erwin.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya akan terus mengawal keberadaan Perda dan Pergub terkait HIV/Aids agar di dalamnya secara tegas menyebutkan ADHA, dan tidak disamakan dengan ODHA, karena seharusnya perlakuan terhadap ADHA memang khusus sesuai kebutuhan dan keberadaan mereka. Kondisi ADHA menurut Saurma harus menjadi perhatian bersama semua pihak termasuk pemerintah dan masyarakat, apalagi jumlahnya terus bertambah dan sampai saat ini perlu solusi jelas terhadap kondisi mereka.

Hal sama dikemukakan Ketua KPA Sumut Ikrimah  bahwa persoalan sekarang yang mulai menjadi perbincangan para pihak yang peduli dengan masalah HIV/Aids adalah keberadaan ADHA yang tanpa orang tua atau yatim piatu. Mengingat jumlahnya yang terus bertambah.

“Kalau dalam situasi seperti ini, kesulitannya adalah panti asuhan mana yang siap menerima mereka. Makanya sudah ada Perda HIV/Aids, tinggal kalau sudah jadi Pergub-nya, kita siapkan teknisnya. Semoga tahun anggaran 2023 nanti bisa segera disiapkan rumah singgahnya dan rumah penampungannya,” seru Ikrimah

Dalam kujungan tersebut, Hj Nawal Lubis dan rombongan mendapat suguhan sebuah lagu dari ADHA yang disambut dengan tepukan meriah. Kegiatan yang diawali dengan doa itu diakhiri dengan penyerahan bingkisan kepada semua ADHA, termasuk untuk ADHA yang tidak dapat hadir akan didistribusikan ke rumah masing-masing.(ril)