Polda Sumut Gagalkan Perdagangan Bayi Orangutan Sumatra

Fokusmedan.com : Ditreskrimsus Polda Sumut menangkap lima orang berinisial TOM (18), AR (20), HY (18), RHN (17) dan seorang perempuan PAS (17) yang diduga sebagai pelaku perdagangan bayi Orangutan Sumatra di kawasan Jalan Haji Anif, Komplek Cemara Asri, Kabupaten Deliserdang.

Kabif Humas Polda Sumut Kombes Hadi mengatakan, penangkapan dilakukan setelah pihaknya memperileh informasi dari masyarakat yang melaporkan afanya perdagangan bayi Orangutan Sumatera pada Rabu (27/4/2022) lalu.

“Tim yang mendapat laporan langsung melakukan penyamaran sebagai pembeli dan bersepakat untuk melakukan transaksi ,” sebutnya, Jumat (29/4/2022).

Saat bayi Orangutan Sumatra diperlihatkan, lanjutnya, tim kemudian menangkap para pelaku yang usianya masih belasan tahun.

“Berdasarkan hasil interogasi, bayi Orangutan Sumatra tersebut didapat dari kawsan Kabupaten Aceh Timur yang dekat dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Dimana hutan itu merupakan habitat Orangutan (pongo abelii),” ungkapnya.

Selain terduga pelaku, turut diamankan barang bukti berupa satu unit mobil Toyota Yaris bernomor polisi BK 1665 RO.

“Untuk bayi Orangutan Sumatra itu, sudah dititipkan ke Pusat Karantina Orangutan milik Sumatran Orangutan Conservation Programme (SOCP) di Batumbelin, Kabupaten Deliserdang. Sedangkan kelima terduga pelaku diamankan di Mapolda Sumut,” pungkasnya.(yaya)