Dinkes Medan Kejar Target Immnunisasi Campak Rubella

Fokusmedan.com : Cakupan imunisasi saat pndemi Covid-19 di Sumut jauh menurun. Kondisi tersebut mengakibatkan sejumlah Kabupaten/Kota di Sumut mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) Campak-Rubella.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Taufik Ririansyah melalui Kabid P2P Pocud Fatimah menyampaikan, minimnya imunisasi rutin tersebut berdampak meningkatnya KLB di Sumut.

“Cakupan menurun karena fokus penanganan Covid-19. Untuk itu ┬ákita harus mengejar target capaiannya,” ungkapnya keada wartawan, Jumat (29/4/2022).

Saat ini, lanjutnya, terdapat 478 ribu anak yang menjadi target cakupan imunisasi dan ada dua hal yang perlu dilakukan. Pertama, yaitu dengan imunisasi campak-rubella untuk bayi berusia sembilan bulan hingga anak 15 tahun.

“Kita harus berikan vaksin lagi kepada semua sasaran tersebut. Ini bertujuan untuk melapisi lagi untuk mengeliminasi campak,” jelasnya.

Dengan cakupan imunisasi yang tinggi, lanjutnya, tentu dapat menghilangkan penyakit. Makanya, ini harus dikejar.

“Kita dikasih waktu untuk mengejar target cakupan imunisasi hanya satu bulan, mulai 18 Mei sampai 22 Juni 2022. Harapannya tidak ada lagi penyakit-penyakit yang diakibatkan karena tidak imunisasi,” tandasnya.(riz)