Menko PMK: Jika Mudik Sukses Kita Bisa Menuju Endemi

Fokusmedan.com : Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan bahwa Indonesia bisa berproses menuju era endemi COVID-19 apabila pelaksanaan mudik lebaran hingga kembalinya ke Ibu Kota bisa terselenggara dengan sukses.

“Oleh karena itu kalau mudik ini nanti sukses dalam arti perjalanannya juga tidak banyak rintangan, tidak banyak kejadian yang tidak dikehendaki, dan kembalinya juga kondisi COVID-19 tetap terkendali, maka kita akan punya kepercayaan diri kita akan berproses menuju era endemi,” kata Muhadjir di Terminal Jatijajar Depok Jawa Barat, Kamis (28/4).

Menko PMK menjelaskan bahwa terkendalinya kasus COVID-19, apalagi jika terus terjadi penurunan kasus setelah momen lebaran, bisa menjadi pertimbangan pemerintah dalam pengambilan kebijakan pengendalian COVID-19 yang lebih baik lagi.

Muhadjir mengatakan bahwa momen lebaran tahun ini dimanfaatkan sebagai momentum supaya perjalanan mudik dilaksanakan secara aman dan sehat. “Aman itu diperjalanan betul-betul aman sampai dengan gembira, sehat artinya tidak ada peningkatan COVID-19,” kata Muhadjir.

Menko PMK bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau persiapan mudik bareng sekaligus melepas keberangkatan bus mudik gratis di Terminal Jatijajar Depok Jawa Barat.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyelenggarakan Mudik Gratis 2022 dengan menyediakan 686 bus yang akan membawa masyarakat pemudik dari Jakarta ke arah Jawa Tengah, Jawa Barat dan ke Jawa Timur.

Selain menyediakan bus mudik gratis, Kemenhub juga menyediakan truk sebanyak 64 kendaraan yang akan membawa sekitar 2 ribu sepeda motor ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.(yaya)