20/04/2024 9:52
NASIONAL

Jokowi Sebut Pangan dan Energi Adalah Problem Dunia ke Depan

Fokusmedan.com : Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkap dua sektor yang menjadi masalah global ke depan dan harus ditingkatkan produktivitasnya. Sektor tersebut ialah pangan dan energi.

“Tingkatkan produktivitas dan kemandirian di sektor pangan dan energi. Kita harus ingat ke depan problem global, problem dunia adalah dua, pangan dan energi,” ujar Jokowi dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2022, Kamis (28/4).

Menurut Jokowi, dua sektor tersebut masih menjadi kendala di Indonesia. Dia meminta anak buahnya betul-betul memonitor sektor tersebut.

“Ini yang sangat kritis dua hal ini. Kita memiliki kesulitan di sini, produktivitas dan kemandirian sektor pangan dan energi, lakukan dengan fokus dengan skala yang mafia, di kawal dan dimonitor agar betul-betul berjalan,” tegasnya.

Jokowi mengingatkan tentang pentingnya sense of crisis. Dia meminta jajarannya membuat perencanaan yang baik dalam semua kebijakan untuk menghadapi situasi yang tak pasti.

“Hati-hati semuanya, semua kita harus memiliki sense of crisis jangan seperti biasanya, jangan business as usual, hati-hati, sense of crisis, harus ada di kita semuanya. Sehingga kita harus ada perencanaan yang baik, harus ada skenario yang pas dalam menghadapi situasi yang tidak pasti ini,” pungkasnya.(yaya)