20/04/2024 1:42
EKONOMI & BISNIS

OJK Regional 5 Sumbagut Edukasi Generasi Milenial dan Generasi Z Tentang Investasi Syariah

Webinar BOBBA MASSAL yang digelar OJK Kantor Regional 5 Sumbagut. Ist

Fokusmedan.com : Dominasi generasi milenial dan generasi Z yang mencapai 65% dari jumlah penduduk Indonesia menunjukkan besarnya potensi kontribusi kedua generasi tersebut dalam perekonomian Indonesia di masa depan. Edukasi dan literasi keuangan secara intensif menjadi hal mutlak untuk memastikan kedua generasi tersebut memiliki pengetahuan yang memadai dalam bidang investasi dan keuangan.

Karena itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumbagut mengadakan webinar series BOBBA MASSAL (Bareng OJK KR 5 Bincang Melek Finansial) dengan tema Investasi Syariah Generasi Milenial dan Generasi Z. Acara ini merupakan kegiatan edukasi serentak oleh seluruh kantor OJK di seluruh Indonesia bertemakan Gebyar Ramadhan Nusantara.

Hadir dalam acara ini Kepala OJK Regional 5 Sumbagut, Yusup Ansori, Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Sumut, M Pintor Nasution dan CEO dan Founder PT Oke Finansial Indonesia, Eko Usriyono. Kegiatan ini dihadiri oleh 500 orang peserta dari universitas di wilayah Sumut, di antaranya USU.

Kepala OJK Regional 5 Sumbagut, Yusup Ansori, mengatakan, keuangan syariah sudah semakin maju dari segi variasi produk/layanan, infrastruktur serta ketersediaan delivery channels.

“Masyarakat tidak perlu lagi ragu ataupun kesulitan dalam mengakses berbagai produk atau layanan berbasis keuangan syariah,” katanya, Sabtu (23/4/2022).

Dalam momentum lebaran ini, masyarakat diajak untuk berinvestasi setelah mendapatkan tunjangan hari raya (THR).

“Jumlah saham syariah meningkat signifikan setiap tahun. Begitu pula dengan kapitalisasi pasar saham syariah yang konsisten tumbuh,” kata Kepala BEI Kantor Perwakilan Sumut, M Pintor Nasution.

Dalam paparannya mengenai investasi syariah, Pintor menjelaskan bagaimana pasar modal syariah mampu menyumbangkan kontribusi ke perekonomian Sumut. Selain itu, ia juga menyampaikan tips agar terhindar dari kesalahan dalam berinvestasi.

Sementara itu, CEO dan Founder PT Oke Finansial Indonesia, Eko Usriyono, memberikan tips bagi peserta mengenai langkah-langkah dalam membuat perencanaan keuangan dan aspek-aspek dalam perencanaan keuangan yang perlu diperhatikan seperti inflasi, tingkat imbal hasil, dan pilihan produk investasi.(ng)