25/04/2024 8:40
SUMUT

Pejabat Administrator Kanwil DJP Sumut I Dilantik

Pejabat Administrator Kanwil DJP Sumut I dilantik. Ist

Fokusmedan.com : Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melantik 417 orang pejabat yang berada di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rabu, 13 April 2022. Pelantikan ini dilakukan secara hybrid yaitu, secara offline dan online.

Pelantikan hari ini melibatkan sejumlah pejabat yang cukup banyak, baik itu mutasi, pengukuhan maupun promosi. Sebagian besar dari pejabat yang dilantik merupakan pemindahan dari unit eselon I yang berbeda (cross unit).

Menurut Menkeu, hal ini akan menjadi lebih sering untuk dilakukan karena setiap unit eselon I di Kemenkeu sesungguhnya memiliki tugas dan fungsi yang saling berkaitan.

“Langkah untuk hari ini kita melakukan pelantikan Bapak Ibu sekalian, yang sebagian adalah cross unit eselon I jangan dilihat, dan jangan dianggap sebagai pengecualian. Saya berharap anda semuanya menganggap bahwa pergerakan antar unit eselon I akan mejadi tren yang semakin biasa. Mainstream,” jelas Menkeu.

Pejabat yang dilantik antara lain, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sebanyak 29 Pejabat, Pejabat Administrator Internal sebanyak 238 Pejabat, Mutasi Antar Unit Eselon I: Pejabat Administrator sebanyak 47 Pejabat dan Pejabat Pengawas sebanyak 26 Pejabat, Pejabat Fungsional Jenjang Ahli Madya sebanyak 27 Pejabat, Pejabat Pengawas di lingkungan Sekretariat Jenderal sebanyak 37 Pejabat dan Pejabat Fungsional Jenjang Ahli Muda dan Pertama di lingkungan Badan Kebijakan Fiskal sebanyak 13 Pejabat.

Kolaborasi dan sinergi akan menjadi sebuah keharusan untuk dapat mendukung proses bisnis di Kemenkeu. Hal ini merupakan kebutuhan organisasi, dengan melihat tantangan yang telah dihadapi selama 2,5 tahun ke belakang, serta tantangan di masa depan. “Dengan mindset untuk selalu bersinergi, kolaborasi dan memiliki sikap untuk bekerja sama, saya berharap Kementerian Keuangan akan semakin rapih dan semakin baik di dalam merespon tantangan-tantangan di bidang keuangan negara,” ungkap Menkeu.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I (Kanwil DJP Sumut I) Eddi Wahyudi memberikan keterangan bahwa di unitnya juga terimbas mutasi cross unit eselon I ini.

“Kepala Bagian Umum dan Kepatuhan Internal Kanwil DJP Sumut I kini diisi oleh Toto Rahardjo yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Umum Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Khusus Papua, Iman Pinem yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Umum dan Kepatuhan Internal Kanwil DJP Sumut I kini mengisi jabatan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur, dan Vivi Rosvika yang sebelumnya menjabat Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Timur kini menjabat Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Sumut II,” ujar melalui siaran tertulis, Rabu (20/4/2022).

Ketiga Pejabat Administrator yang berasal dari atau pindah ke Lingkungan Kerja Kanwil DJP Sumut I tersebut, juga telah melakukan Serah Terima Jabatan pada keesokan hari setelah dilantik, Kamis, 14 April 2022, bertempat di Gedung Kanwil DJP Sumut I, secara hybrid.

Sejalan dengan Menkeu, Eddi berharap pelantikan cross unit eselon I ini meningkatkan kolaborasi dan sinergi untuk dapat mendukung proses bisnis di Kemenkeu.(ng)