20/04/2024 16:49
GAYA HIDUP & KESEHATAN

7 Obat Alami Ini Bantu Merangsang Indera Penciuman yang Hilang

Salah satu obat alami untuk merangsang indera penciuman. Ist

Fokusmedan.com : Saat Anda mengalami flu atau pilek, indera penciuman dan perasa ikut terganggu sehingga tidak dapat berfungsi normal. Untuk mengembalikan ke kondisi semula, Anda dapat mengonsumsi obat alami untuk merangsang indera penciuman.

Obat alami ini berasal dari tanaman herbal serta rempah-rempah yang aman dikonsumsi. Obat alami ini dapat dikonsumsi sebagi alternatif pengobatan.

Berikut 7 obat alami untuk merangsang indera penciuman yang hilang dikutip CNNIndonesia.com, Minggu (17/4/2022):

1. Jahe
Zat aktif dalam jahe yakni gingerol bermanfaat untuk memberikan aroma dan rasa khas serta membantu merangsang indera penciuman supaya kembali normal.

Jahe juga bersifat anti-mikroba sebagai ekspektoran alami, sekaligus bisa mengobati infeksi pada saluran hidung penyebab flu.

Anda dapat mengolah jahe menjadi seduhan teh hangat atau dicampur ke dalam masakan berkuah untuk meningkatkan indera penciuman.

2. Cabai
Cabai rawit juga berguna sebagai alat perangsang indera penciuman dan perasa.Zat capsaicin pada cabai dianggap efektif untuk membersihkan hidung tersumbat.

Anda bisa mencampurkan cabai pada masakan untuk menciptakan rasa pedas.

3. Lemon
Buah lemon yang kaya akan vitamin C dan antioksidan, mempunyai sifat alami sebagai anti-mikroba untuk mengobati infeksi penyebab lendir berlebihan di saluran hidung.

Selain berfungsi mengembalikan indera penciuman, lemon juga ampuh meredakan gangguan sakit tenggorokan ringan.

Cukup gunakan satu buah lemon ambil perasan airnya, tambahkan satu sendok teh madu sambil diseduh air hangat. Minum 2 kali sehari untuk meredakan flu dan sakit tenggorokan.

4. Daun mint
Obat alami untuk merangsang indera penciuman selanjutnya yaitu daun mint yang memiliki sensasi rasa dingin.

Kandungan mentol bioaktif pada daun mint bersifat anti-inflamasi dan berperan penting meredakan gejala batuk serta flu.

Proses mengolahnya juga mudah. Rebus beberapa helai daun mint selama 10-15 menit, kemudian dicampur satu sendok madu dan diminum.

5. Kayu manis
Kayu manis memiliki sensasi hangat yang mirip seperti jahe serta beraroma khas untuk meningkatkan cita rasa.

Tidak hanya bisa membantu merangsang indera penciuman, kayu manis juga kaya akan antioksidan sebagai pelindung tubuh dari efek radikal bebas.

Cara meraciknya tinggal masukkan ½ sendok teh bubuk kayu manis ke dalam cangkir, lalu tambahkan ½ sendok teh madu, serta air hangat. Anda bisa minum 2 kali sehari.

6. Bawang putih
Sifat anti-inflamasi dari asam ricinoleic pada bawang putih dapat mengurangi peradangan serta pembengkakan di saluran hidung.

Manfaat dari bawang putih ini mampu membersihkan endapan di hidung serta kerongkongan agar dapat kembali bernapas secara normal.

Bawang putih dapat dikonsumsi bersama olahan masakan yang berkuah atau dihancurkan sambil diseduh air mendidih menggunakan sedikit garam.

7. Teh kamomil
Teh kamomil sudah lama dijadikan obat herbal karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk meredakan gejala demam dan peradangan.

Teh kamomil juga kerap digunakan sebagai obat alami untuk merangsang indera penciuman.

Jika Anda mengalami gangguan indera penciuman ringan, cobalah seduh teh kamomil hangat saat pagi dan sore hari untuk meredakan gejala sekaligus membuat tubuh rileks.(ng)