20/04/2024 3:07
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Hadirkan Mobil Listrik Pertama, Hyundai Motors Indonesia Sapa Warga Medan

Hyundai Motors Indonesia hadirkan mobil listrik pertama. Ist

Fokusmedan.com : PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan mobil listrik mid-size terbarunya, Hyundai IONIQ 5 di Kota Medan melalui ajang pameran Hyundai di Sun Plaza yang diselenggarakan dari 13-17 April 2022.

Hyundai IONIQ 5 sendiri pertama kali diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, di mana mobil listrik tersebut menjadi produk yang paling diminati pengunjung. Terbukti dengan dibukukannya lebih dari 800 pemesanan, lebih dari 3.000 permintaan test-drive serta diraihnya penghargaan Best Electric Car dan Most Tested Car Choice pada pameran IIMS 2022.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur mengatakan, ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia khususnya atas sambutan yang luar biasa kepada Hyundai. Melalui IONIQ 5, Hyundai membuktikan komitmennya untuk membangun mobilitas masa depan sehingga Indonesia bisa menjadi salah satu pemain penting di dunia

“Semoga pameran ini dapat menjawab keingintahuan dan rasa penasaran pelanggan.
Dan mobil listrik mid-size terbaru yang dibuat di Indonesia untuk masyarakat Indonesia ini dapat memberikan pengalaman berkendara terbaik dan menjadi pilihan yang tepat untuk warga Kota Medan,” katanya, Rabu (13/4/2022).

Pada pameran Hyundai di Sun Plaza, selain IONIQ 5 para pengunjung juga bisa melihat lini produk unggulan yang dipamerkan Hyundai, yaitu CRETA, STARIA, All-New Palisade dan New Santa FE. Pengunjung yang hadir juga dapat melakukan test-drive IONIQ 5, CRETA dan New Santa FE di area parkir Sun Plaza, Medan.

E-GMP, Pelopor Pengembangan EV Masa Depan
IONIQ 5 menawarkan desain futuristik yang dilengkapi dengan material ramah lingkungan, serta menjadi mobil listrik pertama yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yaitu sebuah platform dengan banyak keunggulan yang dirancang oleh Hyundai Motor Group khusus untuk model kendaraan BEV.

E-GMP memiliki berbagai manfaat seperti: peningkatan fleksibilitas, performa berkendara yang bertenaga, peningkatan jarak tempuh berkendara, penguatan fitur keselamatan, dan lebih banyak ruang interior yang dapat digunakan untuk penumpang dan bagasi.

Selain itu, E-GMP juga dirancang untuk meningkatan performa di kondisi tikungan dan stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi. Hal ini diperlukan untuk distribusi bobot yang optimal antara bagian depan dan belakang, desain ini juga memungkinkan pusat gravitasi rendah karena adanya low-mounted battery pack, dan implementasi motor listrik yang terletak di ruang yang sebelumnya ditempati oleh mesin.

Platform ini mengamankan baterai melalui struktur pendukung yang terbuat dari baja berkekuatan sangat tinggi. Komponen baja yang dibentuk melalui proses dipanaskan yang mengelilingi struktur ini juga memberikan kekokohan ekstra.

Energi kinetik saat tabrakan dapat diserap secara efisien berkat dukungan di bagian penyerapan energi pada sisi body dan sasis, jalur beban energi yang efektif, serta bagian tengah dari pack baterai yang terikat erat ke badan kendaraan. E-GMP memaksimalkan ruang interior melalui wheelbase yang panjang, overhang depan dan belakang yang pendek, serta modul kokpit yang ramping.

Dengan pack baterai yang tertanam di bawah
lantai kabin, E-GMP menciptakan lantai kabin yang rata. Hal ini memberikan legroom yang lebih luas untuk penumpang sekaligus memungkinkan berbagai macam pengaturan untuk kursi depan dan belakang.(ng)