Militer Taiwan Terbitkan Buku Panduan Bertahan Hidup Saat Perang Bagi Warga

Fokusmedan.com : Militer Taiwan menerbitkan buku panduan pertahanan sipil untuk pertama kalinya pada Selasa, memberikan panduan bagi warga untuk bertahan hidup jika terjadi perang.

Buku ini diterbitkan saat invasi Rusia di Ukraina menjadi perhatian dunia dan perhatian fokus pada bagaimana Taiwan harus menanggapi tekanan China.

Dalam dua tahun terakhir, China meningkatkan kegiatan militer di dekat Taiwan untuk menekan pulau itu agar menerima klaim kedaulatan China atas Taiwan.

Buku pandua itu menjelaskan bagaimana mencari tempat perlindungan dari bom melalui aplikasi ponsel pintar, termasuk bagaimana menemukan pasokan air dan makanan, juga tips untuk mempersiapkan kotak pertolongan pertama darurat.

“(Kami) memberikan informasi tentang bagaimana warga harus bereaksi dalam krisis militer dan kemungkinan bencana yang akan datang,” jelas Liu Tai-yi, seorang pejabat unit Mobilisasi Pertahanan Kementerian Pertahanan Nasional dalam konferensi pers daring.

Dia menambahkan, buku panduan ini akan memungkinkan kesiapan keselamatan dan membantu orang untuk bertahan hidup.

Dia mengatakan buku panduan yang mirip dengan yang dikeluarkan Swedia dan Jepang ini akan diperbarui lebih lanjut dengan informasi lokal seperti tempat penampungan, rumah sakit dan toko untuk kebutuhan sehari-hari.

Buku ini bergaya komik dan gambar disertai tips untuk bertahan dari serangan militer, seperti bagaimana membedakan sirene serangan udara dan cara berlindung dari rudal.

Taiwan belum melaporkan tanda-tanda ancaman invasi yang direncanakan China, tetapi meningkatkan kesiagaannya sejak awal invasi Rusia di Ukraina.(yaya)