19/04/2024 22:25
NASIONAL

Kemenag Masih Menunggu Pembagian Kuota Haji Indonesia

Fokusmedan.com : Kerajaan Saudi Arabia mengumumkan kuota jemaah haji tahun ini sebanyak 1 juta jemaah haji. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Dirjen PHU) Kemenag, Hilman Latief mengatakan untuk kuota jemaah haji Indonesia, pihaknya masih menunggu pembagian dari Saudi.

“Kami masih harus masih harus menunggu informasi lanjutan terkait pembagian kuota dari pemerintah kerajaan Saudi Arabia pada negara-negar muslim untuk jumlah jemaah haji yang bisa dikirimkan,” kata Hilman pada Liputan6.com, Sabtu (9/4/2022).

Hilman menyebut, belum ada jumlah resmi kuota yang dibagikan di tiap negara-negara muslim. “Sampai hari ini belum ada jumlah resmi yang ditentukan pemerintah Saudi Arabia per negara, baik Indonesia atau negara lain itu belum disebutkan kuota,” kata dia.

Kemenag, kata Hilman, berharap kuota Indonesia ditambah. Diketahui pada 2019, Indonesia mendapat 231ribu kuota haji. “Kita berharap Indonesia bisa dapat kuota maksimal,” ucapnya.

Sementara itu terkait biaya haji, Kemenag menyebut akan segera bertemu DPR dan membahasnya. “Kami harus menentukan segerra mungkin mengenai biaya haji sehingga jamah bisa leluasa untuk lakukan persiapan. Saya kira dalam waktu dekat insyaAllah bisa kami lakukan,” pungkasnya.(yaya)