Pemprov Sumut Anggarkan Rp122 Miliar Untuk Pengembangan RS Haji Medan

Fokusmedan.com : Pemprov Sumut mengalokasikan anggaran sebesar Rp122 miliar dalam APBD tahun 2022 untuk pengembangan Rumah Sakit (RS) Haji Medan.

Kepala Bagian Umum drg Anda Siregar mengatakan, dana tersebut digunakan untuk pembangunan RS dengan skema multi years/tahun jamak yang anggarannya di Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang.

“Untuk pembiayaan pembangunan gedung tower RSU Haji Medan,” sebutnya kepada wartawan, Rabu (6/4/2022).

Ia mengatakan, anggaran tersebut berskema multiyears  untuk konstruksi bangunan.

“Lokasi pembangunan di RSU Haji dengan luas bangunan sekitar 9000m2,” jelasnya.

Dalam pengembangan itu, lanjutnya, ruangan yang akan dibangun antara lain yakni rawat inap, rawat jalan (poliklinik), laboratorium, radiologi, IGD, ruang office hingga ruang koas.

“Kemudian ruang dokter, ruang perawat, penunjang medis, ICU, ICCU, PICU, NICU, Farmasi, rehab medik dan ruang bedah,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dengan pengembangan gedung ini, maka penambahan tenaga medis nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan rumah  sakit.

“Pelayanan RS Haji nantinya layanan unggulan jantung terpadu, unggulan bedah estetika, onkologi orthopedi dan  trauma center dalam mendukung PON 2024.

“Insya Allah bulan Juli 2022, pembangunan tujuh lantai ini akan dimulai,” tandasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menjelaskan anggaran Rp122 miliar itu dipergunakan untuk peningkatan fasilitas RS Haji Medan. Selain itu Pemprov Sumut diakui Edy juga akan meminjam uang dari Korea Selatan untuk pengembangannya.(riz)