26/04/2024 3:52
EKONOMI & BISNIS

Pasar Keuangan Diperkirakan Sideways dengan Kecenderungan Naik

Fokusmedan.com : Pekan sebelumnya, volatilitas kinerja pasar keuangan

Ilustrasi kinerja IHSG. Ist

dalam rentang yang terbatas. Dalam sepekan ke depan kinerja pasar keuangan tidak akan banyak diwarnai rilis data penting yang berpengaruh besar terhadap pasar keuangan.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, memang di pertengahan pekan ini, ada rilis data ISM non manufacturing dari AS. Indeks tersebut sejauh ini diperkirakan membaik kinerjanya yang bisa membuat pasar keuangan global berkinerja baik.

Namun, lanjutnya, menjelang akhir pekan akan ada FOMC minutes dari AS yang akan memberikan gambaran perekonomian terkini. Hal itu melihat kinerja data ekonominya ditambah dengan dampak perang terhadap perekonomian AS.

“Momen tersebut dapat menjadi penekan bagi kinerja pasar keuangan karena nantinya akan tersirat gambaran The FED atau bank sentral AS dalam menentukan arah kebijakan suku bunga acuannya,” ujarnya, Minggu (3/4/2022).

Sehingga pada dasarnya pasar keuangan selama sepekan kedepan diperkirakan beegerak sideways. Termasuk juga dengan harga emas yang kecenderungan bergerak mendatar.

Menurutnya, pasar masih akan terus memantau situasi terkini Rusia-Ukraina. Ini menjadi penggerak pasar selanjutnya.

“Dan kalau berkaca pada situasi terkini, maka kinerja pasar keuangan pada dasarnya berpeluang bergerak mendatar dengan kecenderungan naik,” pungkasnya.(ng)