BSI Siap Cetak Entrepreneur di Medan

MoU BSI dengan USU. Ist

Fokusmedan.com : PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) siap mencetak muslimpreneur sebagai salah satu segmen potensial yang diharapkan mampu menjadi pendorong ekonomi nasional.

Berbagai strategi terus dilakukan BSI untuk mewujudkan hal tersebut, di antaranya mendampingi dari sisi akses pendanaan syariah, penyelenggaraan program pemberdayaan dan workshop untuk para entrepreneur, dukungan agar entrepreneur go digital serta program inkubasi entrepreneur Talenta Wirausaha.

Dukungan yang sama juga disampaikan Menteri BUMN, Erick Thohir yang ingin program Talenta Wirausaha BSI dapat mencetak Wirausaha Muda yang andal dan mendukung akselerasi pertumbuhan UMKM Indonesia. Harapannya UMKM tumbuh dan bangkit sebagai salah satu tulang punggung perekonomian nasional serta membangkitkan ekonomi umat melalui penguatan sektor bisnis ekonomi rakyat.

Sebab, lanjut Erick, saat ini tingkat wirausaha di Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara-negara ASEAN lain. Rasio kewirausahaan Indonesia baru 3,47 persen, sementara Singapura saja sudah mencapai 8,76 persen.

“Market Indonesia masih sangat besar sehingga menjadi peluang untuk berdaulat dalam ekonomi. Dalam meningkatan UMKM itu bukan hanya soal pembiayaan tapi perlu pendampingan. Kuncinya adalah pendampingan bukan hanya pembiayaan,” ucap Erick.

Talenta Wirausaha BSI dan Dukungan terhadap UMKM
Sepanjang 2021, BSI telah menyalurkan pembiayaan untuk segmen UMKM mencapai Rp39,5 triliun secara nasional dengan kualitas pembiayaan yang terjaga. Nilai tersebut sekitar 23% dari total penyaluran pembiayaan BSI.

Melalui program Talenta Wirausaha ini, BSI berharap dapat lebih optimal memberikan dukungan bagi pelaku UMKM, termasuk pembiayaan syariah bagi para wirausaha muda. Dimana melalui program ini, harapannya akan diikuti 5.000 peserta yang siap bersaing dari 26 wilayah terpilih di Indonesia, yang nantinya mendapat privilege untuk kesempatan pembiayaan, pendampingan usaha serta coaching dengan mentor-mentor entrepreneur sukses.

Untuk wilayah Medan, BSI menggelar tahapan on boarding Talenta Wirausaha BSI di Universitas Sumatra Utara. Tahapan ini menjadi lanjutan program Talenta Wirausaha BSI yang telah diresmikan Januari lalu. Program ini memiliki empat tahapan kegiatan utama yaitu onboarding, workshop (pelatihan dan pendampingan), awarding, dan partnership.

Pada kesempatan on boarding ini, Pjs RCEO BSI Wilayah Medan Ahmad Widodo menuturkan, BSI siap menjadi mitra bagi para pelaku UMKM dari proses hulu hingga hilir. Nantinya usaha ini diharapkan terus berkembang dan berkelanjutan.

“Hal inilah yang menjadi peran bank syariah untuk terus mendorong industri halal tumbuh dan sehat,” ujarnya melalui siaran tertulis, Kamis (31/3/2022).

Senada dengan hal tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajeksah menyampaikan dukungan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara untuk memajukan UMKM sehingga segmen ini mampu bertahan dan bersaing.

“Kami menyambut baik adanya program Talenta Wirausaha BSI ini untuk mencetak generasi- generasi muda mulai berwirausaha,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin menyatakan kesiapan USU untuk mencetak generasi muda yang unggul sehingga mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa. Dengan adanya Talenta Wirausaha BSI diharapkan menjadi wadah untuk membuka jalan mahasiswa untuk memiliki keahlian kewirausahaan.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan dua nota kesepahaman (MoU) pertama, MoU BSI dengan USU ditandatangani oleh Ahmad Widodo selaku Pjs RCEO II Medan dengan Muryanto Amin selaku Rektor USU. Kedua, MoU BSI dengan BPJS Ketenagakerjaan yang diteken oleh Ahmad Widodo selaku Pjs RCEO II Medan dengan Panji Wibisana selaku Deputi Direktur Wilayah Ketenagakerjaan Sumatera Bagian Utara.(ng)