Rusia Santai Tanggapi Usulan Dikeluarkan dari G20

Fokusmedan.com : Sejumlah negara mengusulkan Rusia dikeluarkan dari kelompok negara perekonomian utama G20 buntut dari invasi ke Ukraina. Namun Rusia santai menanggapi hal tersebut.

Kremlin menyampaikan pada Jumat (25/3), tidak ada hal buruk yang akan terjadi jika AS dan sekutunya berhasil mengeluarkan Rusia dari G20 karena banyak anggota G20 sedang perang ekonomi dengan Moskow.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov menanggapi komentar Presiden AS Joe Biden yang mengatakan Rusia seharusnya dikeluarkan dari G20.

“Format G20 itu penting, tapi dalam keadaan saat ini, ketika sebagian besar peserta sedang dalam keadaan perang ekonomi dengan kami, tidak ada hal buruk yang akan terjadi,” jelas Peskov kepada wartawan, seperti dilansir Reuters.

Peskov mengatakan dunia jauh lebih beragam bukan hanya sekadar AS dan Eropa. Dia juga memprediksi upaya AS untuk mengisolasi Moskow, yang dia sebut saat ini hanya berhasil setengahnya, akan gagal.

Dia menambahkan, beberapa negara mengambil pendekatan yang lebih waras terhadap Rusia dan tidak membakar jembatan yang menghubungkan mereka. Peskov juga mengatakan Moskow akan membangun arah kebijakan baru di semua bidang.(yaya)