DPRD Medan Minta Kepolisian Bongkar Penipuan Berkedok Asuransi

Fokusmedan.com : Anggota DPRD Medan Mulia Syahputra Nasution S, MH meminta agar pihak kepolisian segera membongkar praktek mafia penipuan berkedok asuransi.

“Hal ini sudah meresahkan dan perlu ada tindakan hukum agar masyarakat tidak terjebak dengan praktek-praktek penipuan tersebut,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (24/3/2022).

Ia menambahkan, masyarakat juga harus waspada dan berhati-hati dengan bujuk rayu oknum tersebut dalam menjerat korbannya.

“Hati-hati jika ada orang tidak dikenal datang ke rumah dan menawarkan jasa asuransi kesehatan atau sejenisnya,” harapnya.

Kehadiran oknum yang berkamuflase sebagai agen pemasaran ini seolah-olah menolong masyarakat sekaligus berperan sebagai donatur akan untuk mengambil keuntungan dari para korbannya.

“Oknum ini menyarankan agar calon kliennya menyatakan kondisi kesehatannya yang sesungguhnya, meski dalam keadaan sakit parah serta adanya pemalsuan identitas,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, oknum-oknum ini melakukan lobi di berbagai rumah sakit dan membeli berkas pasien meski tidak rawat inap.

“Harga berkas yang ditawarkan oknum ini juga bervariasi. Bisa 40 persen sampai 50 persen dari berkas penagihan rawat inap pasien di rumah sakit,” jelasnya.

Praktek mafia penipuan berkedok asuransi ini tergolong rapi dan tentu saja menyulitkan pihak asuransi untuk melakukan investigasi.

“Saya juga mengimbau agar pihak asuransi untuk lebih┬áselektif agar tidak sampai disusupi oknum-oknum yang mencari keuntungan pribadi,” pungkasnya.(tie)