Karantina Ditiadakan, Menkes Segera Koordinasi dengan BNPB dan Kemenhub

Fokusmedan.com : Pemerintah memutuskan meniadakan karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku segera berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Karena aturannya akan dikeluarkan oleh BNPB,” kata Budi dalam konferensi pers virtual yang disiarkan melalui YouTube Kementerian Kesehatan RI, Kamis (23/3).

Selain itu, Budi juga mengaku akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan yang berwenang mengatur soal layanan transportasi.

Satgas Covid-19 Belum Keluarkan Surat Edaran Penghapusan Karantina

Hingga saat ini, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 belum mengeluarkan surat edaran mengenai penghapusan masa karantina.

Dari laman resmi covid19.go.id, tidak ditemukan SE Satgas Covid-19 terbaru mengenai kebijakan bebas karantina di seluruh Indonesia.

Hanya ada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2022 perihal PPKM Jawa-Bali. Surat Edaran Satgas terakhir mengenai Sistem Bubble untuk Kegiatan MotoGP 2022 di Mandalika.

Jokowi Hapus Aturan Karantina

Presiden Joko Widodo resmi menghapus kebijakan karantina bagi PPLN. Namun PPLN yang masuk ke Indonesia tetap diwajibkan melakukan tes usap PCR.

“Pemerintah tetap mewajibkan pelaku perjalanan yang tiba dari luar negeri untuk melakukan tes usap PCR,” kata Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/3).

Jokowi menegaskan, penghapusan karantina hanya berlaku bagi PPLN yang menunjukkan hasil tes PCR negatif Covid-19. Apabila hasil tes positif, PPLN akan ditangani oleh Satgas Covid-19.

Menurut Jokowi, penghapusan karantina PPLN mempertimbangkan kondisi kasus positif Covid-19 di Indonesia yang mulai melandai.

“Perkembangan pandemi Covid-19 di negara kita terus membaik, karena itu pemerintah memutuskan untuk mengambil beberapa langkah-langkah kelonggaran,” tandasnya.(yaya)