12 Minuman Ini Bantu Bakar Lemak untuk Diet

Ilustrasi air lemon minuman pembakar lemak. Ist

Fokusmedan.com : Selain makanan, minuman jenis tertentu juga ada yang memiliki khasiat untuk membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Minuman pembakar lemak ini mudah dibuat dan rendah kalori sehingga aman jika dikonsumsi sehari-hari.

Dilansir dari Healthline di laan CNN, Minggu (20/3/2022) minuman berikut sangat cocok dimasukkan ke dalam daftar asupan diet. Meski demikian, imbangi dengan kebiasaan menghindari makan dan minuman manis serta rendah kalori apabila ingin hasilnya maksimal.

1. Air lemon
Selain memberi sensasi menyegarkan, air lemon yang terbuat dari buah sitrus ini telah diperkaya antioksidan, vitamin c, serat dan senyawa baik lainnya bagi tubuh.

Segelas air lemon hanya memuat 110 kalori dan mampu menghidrasi tubuh sehingga meningkatkan fungsi mitkondria dalam mengatur metabolisme.

2. Infused water
Infused water umumnya terbuat dari air yang diberi potongan buah seperti lemon, stroberi, dan dikenal sebagai minuman detoksifikasi untuk membuang racun-racun dalam tubuh.

Selain membantu menetralkan zat beracun, air infus dapat memperlancar metabolisme yang mempengaruhi penurunan kalori, serta meningkatkan hidrasi tubuh lebih maksimal.

3. Protein shake
Secara umum, minuman tinggi protein berasal dari bubuk whey yang kaya protein untuk mempercepat laju metabolisme.

Tak hanya itu, minuman protein ini juga bermanfaat dalam membangun massa otot lebih optimal apabila dibarengi dengan olahraga rutin.

4. Minuman sari cuka apel
Minuman dari sari cuka apel rata-rata mengandung asam asetat, yaitu senyawa untuk menurunkan kadar insulin, meningkatkan metabolisme, serta menekan nafsu makan.

Meski bisa dikonsumsi saat diet, terlalu banyak minum sari apel dapat mengikis gigi. Sehingga perlu dibarengi dengan perbanyak minum air putih yang cukup.

5. Teh hitam
Minuman pembakar lemak selanjutnya yaitu teh hitam, yang sebenarnya sama dengan teh hijau. Hanya saja prosesnya melalui pengeringan dan oksidasi sehingga lebih pekat.

Menurut hasil penelitian, polifenol atau antioksidan dalam teh hitam lebih kuat bahkan bisa sangat membantu mengurangi berat badan karena mampu merangsang pemecahan lemak.

6. Teh hijau
Teh hijau adalah minuman yang kaya akan katekin tinggi yaitu sejenis antioksidan alami untuk meningkatkan metabolisme dalam membakar lemak.

Selain katekin, teh hijau mempunyai kafein dengan manfaat sama bagi metabolisme. Asalkan cara mengonsumsinya tidak dengan tambahan gula karena berisiko menambah kalori.

7. Susu rendah lemak
Susu rendah lemak atau low fat memang diformulasikan dengan kadar lemak lebih sedikit sekitar 1-2 persen daripada susu lainnya.

Minuman susu rendah lemak ini dikhususkan bagi orang-orang yang sedang diet supaya tetap memperoleh lemak sehat atau tidak jenuh serta tercukupi kebutuhan kalsiumnya tanpa khawatir naik berat badan.

8. Kopi
Menurut hasil penelitian, kafein pada kopi terbukti memaksimalkan kerja metabolisme tubuh dan mempercepat pembakaran lemak.

Tapi, kopi yang dimaksud ini bukan dengan campuran pemanis berlebih, susu, krimer atau lainnya. Melainkan seduhan kopi hitam murni yang hanya memakai air panas.

9. Air putih
Air putih merupakan minuman paling sederhana dengan berbagai manfaat baik bagi kesehatan yang diklaim nol kalori.

Minum lebih banyak air putih sebelum makan dapat meningkatkan rasa kenyang karena mengikat kalori, sehingga Anda jadi makan lebih sedikit.

10. Jus buah
Jus buah yang terbuat dari jeruk, melon, tomat, apel, semangka, stroberi, memiliki jumlah kalori lebih sedikit tapi kaya akan air dan serat.

Minum jus buah selama diet, sebaiknya tidak diberi tambahan gula karena berisiko menambah kalori.

11. Jus sayuran
Sayuran hijau seperti bayam, kale, wortel, tomat, brokoli, juga bisa diminum saat diet menjadi smoothie.

Tingginya kandungan serat pada sayuran tersebut cukup efektif memberi rasa kenyang lebih lama. Tapi pastikan Anda mengolahnya secara murni tanpa tambahan perasa lain.

12. Teh jahe
Teh jahe termasuk minuman pembakar lemak sekaligus bisa meredakan gejala flu, mual, serta nyeri badan.

Menambahkan jahe dalam seduhan teh bermanfaat kurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran kalori karena gingerol pada jahe berfungsi memaksimalkan metabolisme.(ng)