17/04/2024 1:53
NASIONAL

Berkeliaran di Area Sirkuit Mandalika Jelang Balap, 18 Drone Dijatuhkan

Fokusmedan.com : Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto menerangkan, team drone Korbrimob Polri BKO Polda NTB, gencar menertibkan drone liar yang diterbangkan oleh pemiliknya. Tercatat ada 18 drone diturunkan paksa oleh petugas sampai satu hari menjelang Pertamina Gran Frix Of Indonesia.

“Team drone tentu akan terus siaga untuk mengawasi drone-drone yang mendekat ke area sirkuit,” kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (17/3).

Artanto menerangkan, pihaknya telah mensosialisasikan larangan menerbangkan drone di area sirkuit, karena dapat mengganggu jalannya balapan dan mengganggu alat-alat yang memerlukan signal.

“Kita akan terus bekerja, mengamankan jalannya event MotoGP di Sirkuit Mandalika ini, dan kita akan terus memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak mengudarakan drone-nya, karena sangat berbahaya dalam pelaksanaan event ini,” ujar dia .

“Harapan tidak mengulangi lagi untuk menaikan dronenya nanti, apalagi di hari H nanti akan ada aksi aerobatic yang tentu saja wilayah udara di sekitar sirkuit harus clear” dia menambahkan.

Artanto mengatakan belum ada sanksi yang dijatuhkan kepada pelanggar. Sejauh ini, sifatnya masih edukasi secara preventif. Namun yang menutup kemungkinan pilot drone akan ditindak jika menimbulkan kerugian bagi orang lain.

“Saat ini kita masih melakukan edukasi secara preventif, drone kita turunkan dengan alat jammer dan kita kembalikan ke pemiliknya sambil kita ingatkan untuk tidak menerbangkan dronenya lagi di sekitar sirkuit,” ujar dia.(yaya)