PLN UP3 Siap Sukseskan Keandalaan Listrik Saat PON XXI 2024 Sumut-Aceh

Manager UP3 Medan, Hariadi Fitrianto. Ist

Fokusmedan.com : PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan siap sukseskan kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Sumatera Utara (Sumut)-Aceh. Berbagai upaya demi keandalan listrik saat event penting ini berlangsung pada September-Oktober 2024 mendatang telah dipersiapkan.

Manager UP3 Medan, Hariadi Fitrianto mengatakan, Provinsi Aceh dan Sumut dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara PON XXI 2024. Tentunya, sistem kelistrikan di dua provinsi saat gelaran olahraga akbar diharapkan tidak mengalami kendala yang berarti.

“Kami pasti akan mempersiapkan sistem kelistrikan dengan baik. Sebab listrik merupakan kebutuhan yang sangat vital,” katanya di kantor UP3 Medan jelang Persiapan Kelistrikan PON XXI 2024 Sumut-Aceh, Selasa (15/3/2022).

Dijelaskan Hariadi, nantinya di Sumut akan diselenggarakan 35 cabang olahraga (cabor) dengan beberapa titik lokasi dan Aceh sebanyak 31 cabor. Dan UP3 sendiri, lanjutnya, bertanggung jawab untuk kelistrikan di tujuh lokasi wilayah kerja yakni, kolam renang Selayang, stadion mini USU, Pardede Hall, lapangan softball USU, Hotel Emerald Garden, Le Polonia Hotel dan Royal Sumatra.

“PLN akan melakukan penguatan sistem kelistrikan di beberapa tempat cabor dengan pembangunan Gardu Hubung di Stadion Teladan. Saat ini masih tahap perencanaan dan untuk anggaran masih mengusulkan. Dan nantinya pertengahan 2022 sudah diadakan pembangunan dan diharapkan 2024 sudah selesai dan PON akan berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ia menambahkan, penyulang tersebut berfungsi untuk membackup sistem kelistrikan, jika tiba-tiba ada gangguan maka masih ada jalur lain yang untuk mensuplai listrik. Selain itu, PLN juga mempersiapkan genset di sejumlah lokasi cabor.

“Nantinya, pada saat kegiatan PON XXI Sumut-Aceh 2024, PLN akan siagakan personel di setiap titik cabang olahraga. Dengan begitu, jika ada gangguan, petugas dengan sigap segera memperbaikinya. Namun kita harapkan, keandalan listrik di Sumut dan Aceh tidak akan terganggu,” pungkasnya.(ng)