Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Bawa Tanah Deli ke IKN Nusantara

Gubsu Edy Rahmayadi tiba di Bandara Udara International Aji Panggeran Tumenggung, Kaltim. Ist

Fokusmedan.com : Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memenuhi undangan dari Presiden Indonesia Joko Widodo untuk hadir di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Gubernur juga membawa dua kilogram tanah dan satu liter air dari daerah Sumut, untuk prosesi pengisian Kendi Nusantara di lokasi IKN, Kalimantan Timur (Kaltim).

Gubernur Edy Rahmayadi yang tiba di Bandara International Aji Panggeran Tumenggung, Samarinda, Kaltim, Minggu (13/3) sore, mengatakan, membawa tanah Deli tepatnya tanah pemandian Putri Hijau, yang terletak di Namorambe, Delitua, Kabupaten Deliserdang.

“Saya ambil dari tanah Deli, karena itu pusat awal ibukota Sumut, ada sejarahnya, makanya saya bawa tanah dan air Deli, semoga memberikan kebaikan bagi ibu kota negara yang baru,” katanya.
Dalam kesempatan, itu Edy Rahmayadi mendoakan agar proses pembangunan IKN Nusantara berjalan dengan lancer, tanpa hambatan dan memberi berkah kepada rakyat Indonesia.

“Insya Allah, itu (pembangunan) berjalan dengan baik. Itu cita-cita, semoga membesarkan bangsa kita, dan bangsa kita lebih dipandang lagi, serta menjadikan kebanggan seluruh rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Sumut Basarin Yunus Tanjung mengatakan, Gubernur Sumut membawa tanah Deli karena tanah Deli dari zaman dahulu sudah terkenal, akan tanahnya yang subur dan bagus.

“Tembakau yang sangat dikenal dunia dahulu itu, tumbuh di tanah Deli, makanya namanya tembakau Deli. Seluruh dunia telah mengakui tembakau Deli, diekspor keluar negeri untuk jadi rokoknya orang-orang hebat di dunia,” ucapnya, saat mendampingi Gubernur Sumut.
Ia berharap, semoga tanah Deli memberikan dampak yang positif, bagi pembangunan IKN Nusantara ke depan.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengundang para gubernur seluruh Indonesia dalam kegiatan berkemah di IKN Nusantara pada 13 hingga 14 Maret 20222. Para gubernur juga diminta untuk membawa satu liter air dan dua kilogram tanah dari masing-masing daerah ke lokasi IKN. Air dan tanah dari berbagai daerah akan dijadikan satu di dalam Kendi Nusantara yang terbuat dari tembaga di lokasi IKN.(ng)