Pola Konsumi Masyarakat Berubah, Tekan Harga Cabai Merah

Cabai rawit jadi pilihan di saat cabai merah mahal. Ist

Fokusmedan.com : Harga cabai merah di pasar tradisional Kota Medan pada akhir pekan ini mengalami penurunan. Rata-rata turun sekitar Rp5.000 per kg.

Dari pantauan di pasar induk Tuntungan, harga cabai merah dijual dikisaran Rp38 ribu hingga Rp42 ribu per Kg. Harga di tingkat pengecer bisa mencapai Rp50 ribu-an per Kg. Meskipun belum bisa dipastikan sepenuhnya harga akan seperti itu karena masih banyak faktor lainnya, salah satunya adalah stok cabai di masing-masing pedagang pengecer.

Sementara itu, dari pantauan kinerja harga cabai rawit, trennya naik belakangan ini, di pasar induk harga cabai rawit bergerak ke Rp26 ribuan per Kg, dari sebelumnya dikisaran Rp22 ribuan per Kg, sementara di pengecer mencapai Rp30 hingga Rp35 ribu per Kg.

“Harga cabai rawit yang bergerak naik tersebut disinyalir karena mahalnya harga cabai merah. Beberapa pedagang besar di pasar induk mengatakan kalau ada perubahan konsumsi cabai,” kata Pengamat Ekonomi Sumut Gunawan Benjamin, Minggu (13/3/2022).

Dikatakannya, belakangan ini tren penjualan cabai rawit mengalami kenaikan dan harganya ikut naik. Ia menilai telah terjadi subtitusi dari cabai merah ke cabai rawit, tetapi pola penjualan cabai di tingkat pedagang besar seperti itu, umumnya cabai merah ini tidak semudah itu dapat digantikan ke cabai rawit.

“Tetapi masalah harga ini bisa saja membuat segalanya berubah di lapangan. Faktor harga membuat subtitusi ini benar-benar terjadi di lapangan dan temuan dilapangan selanjutnya, penurunan harga cabai merah ini terjadi karena banyak pedagang besar ataupun distributor yang memiliki kelebihan stok cabai merah,” terangnya.

Artinya, lanjutnya, memang stok cabai merah berlebih karena terjadinya penurunan penjualan cabai merah itu sendiri. Harga yang mahal membuat masyarakat merubah pola konsumsi dan stok yang tersisa ini membuat pedagang mengobral harga cabai dengan nilai yang lebih murah.

“Alhasil, harga cabai merah pun turun. Meskipun saya menilai penurunannya belum tentu akan terus terjadi di pekan depan. Jadi harga cabai merah belum dalam tren turun sejauh ini,” ujarnya.

Sementara itu, harga tomat juga mengalami penurunan di akhir pekan ini. Tomat di tingkat pedagang besar dijual dikisaran Rp8.500 per Kg. Jadi harga tomat di pedagang pengecer bisa dikisaran Rp11 atau Rp12 ribu per kg nya.

“Penurunan harga tomat karena pasokannya mulai naik, khususnya belakangan ini datang dari wilayah bukit tinggi dan seribu dolok. Kalau untuk tomat tren harganya saat ini mengalami penurunan,” pungkasnya.(ng)