Jangan Asal, Berikut Tips Memilih Jaket Motor Yang Tepat

Fokusmedan.com : Berkendara dengan motor tentunya kudu memperhatikan sejumlah hal penting yang mendukung keamanan dan kenyamanan, seperti halnya melengkapi diri dengan riding gear yang tepat agar keselamatan diri dapat terlindungi dengan selalu #Cari_aman di jalan.

Salah satunya dalam hal pemilihan jaket, dimana masih banyak pengendara yang kurang menyadari pentingnya peran jaket dalam kegiatan berkendara. Bahkan, terkadang banyak pengendara yang sengaja membeli jaket motor hanya karena tertarik dari tampilannya saja, sementara pemilihan jaket yang salah ternyata dapat menyebabkan berkendara jadi tidak nyaman.

Ismed Risya, Tim Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahawa jaket motor menjadi salah satu perlengkapan berkendara yang penting dan wajib digunakan. Selain untuk melindungi tubuh dari terpaan angin dan sengatan sinar matahari langsung, jaket juga berfungsi untuk melindungi ketika terjadi kontak langsung dengan aspal saat kecelakaan.

Peduli pada kondisi tersebut, maka Honda berupaya untuk membagikan informasi tentang jaket motor seperti apa yang cocok digunakan untuk aktivitas berkendara.

Pertama, memperhatikan bahannya, jika sekedar untuk penggunaan harian di dalam kota, pilihlah jaket motor berbahan ringan namun cukup kuat untuk menahan gesekan. Karena selain sebagai pelindung kulit dari terik matahari dan terpaan angin ke badan, juga bisa melindungi bagian tubuh dari gesekan aspal jika terjadi kecelakaan.

Namun jika untuk berkendara jarak jauh, bisa gunakan jaket berbahan lebih tebal dan kuat. Umumnya, produsen jaket berpengalaman telah memproduksinya sesuai peruntukan seperti racing, touring atau city riding.

Kedua, setidaknya, pilihlah jaket yang memiliki fitur ventilasi udara atau breathable. Dengan fitur ini, udara bisa mengalir ke bagian dalam jaket untuk menstabilkan suhu tubuh saat cuaca panas.

Sementara itu yang ketiga, pilih jaket yang sesuai dengan ukuran tubuh, jangan yang sempit jangan pula terlalu longgar. Jaket yang sempit membuat berkendara jadi tidak nyaman karena pergerakan badan jadi kurang leluasa.

Sedangkan jaket yang terlalu longgar akan memengaruhi sisi aerodinamis dan konsentrasi berkendara, khususnya saat kecepatan tinggi. Karena saat berkendara dalam kecepatan tinggi akan ada bagian jaket yang menggelembung karena tertiup angin.

Ismed Risya menambahkan, bagi sebagian orang, jaket motor kini bukan sekedar pelengkap berkendara saja, tapi juga bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan yang juga mampu menunjang penampilan.

Maka tidak heran jika kini begitu mudah menemukan beragam merek dan model jaket yang diklaim sebagai jaket motor. Menurutnya, salah satu jaket motor yang sedang hits digunakan adalah model Fabulous Bomber Jacket yang merupakan salah satu produk apparel resmi Honda yang sangat nyaman digunakan saat berkendara.(ril)