Enam Strategi Produk Halal Indonesia Mendunia

Fokusmedan.com : Gubernur Bank Indonesia sekaligus Ketua Dewan Pakar Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Perry Warjiyo menyatakan, ada enam strategi yang harus ditempuh untuk mendorong pengembangan produk halal Indonesia ke tingkat dunia.

Pertama, marketing research. Hal ini bertujuan untuk mengetahui selera konsumen di berbagai negara hingga mengetahui jenis produk halal yang dibutuhkan di tiap-tiap negara.

“Karena untuk bisa menembus pasar global, kita harus betul paham market kita. Apa yang dibutuhkan oleh konsumen di berbagai negara tujuan ekspor kita, termasuk Timur Tengah dan negara lainnya,” ungkapnya dalam webinar Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Sabtu (12/3).

Kedua, penguatan ekosistem. Penguatan ekosistem bisa dimulai dari mengkurasi produk-produk halal yang berkualitas tinggi hingga penyediaan pembiayaan untuk membantu produsen dalam menghasilkan produk yang berkualitas ekspor.

“Termasuk juga bagaimana prosedur sistem perdagangan luar negeri. Ekosistem ini harus kita bangun,” ujarnya

Ketiga, sinergi antar kementerian/lembaga hingga produsen terkait. Menurutnya, untuk menghasilkan produk berkualitas ekspor tinggi diperlukan campur tangan pemerintah untuk memudahkan kegiatan produksi.

Target Hingga Promosi Perdagangan

Keempat, ialah target. Perry bilang, Indonesia harus bisa mengetahui target produk halal apa yang ingin dijual dipasaran global.

“Kita punya banyak produk-produk unggulan halal Indonesia, tapi kita perlu tentu saja tergeted produk mana yang kita ingin kembangkan. Antara lain produk fashion, produk makanan dan minuman halal itu salah satu yang kompetitifnya Indonesia adalah sangat kuat,” bebernya.

Kelima, dukungan official. Menurutnya, keterlibatan official menjadi kunci bagaimana kesuksesan suatu bangsa dalam memperluas akses pemasaran produk unggulannya.

“Seperti, bagaimana dukungan Kementerian Perdagangan, bagaimana bantuan sertifikasi halal, bagaimana masalah perizinan dan perpajakannya. Itu perlu official,” katanya.

Keenam, promosi perdagangan. Upaya ini diperlukan untuk memperkenalkan secara luas atas produk halal Indonesia, antara lain dengan mengikuti ajang pameran bergengsi tingkat dunia yang menyedot banyak pengunjung internasional.

“Seperti lyang hari ini kita lakukan di Dubai Expo dan Negara lainnya. Promosi perdagangan itu menjadi snagat penting,” tutupnya.