Presiden Ukraina Minta Dukungan Komunitas Yahudi Amerika Hadapi Serangan Rusia

Fokusmedan.com : Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy meminta dukungan komunitas Yahudi Amerika pada Senin, menyinggung soal gempuran Rusia yang memporakporandakan negaranya yang dibandingkan dengan tentara Nazi Jerman yang bergerak di seluruh Eropa.

“Ini murni kelakuan Nazi. Saya bahkan tidak bisa menyamakan ini sikap yang lainnya,” jelasnya kepada Konferensi Presiden Organisasi Yahudi Amerika melalui Zoom, dilaporkan Reuters, Selasa (8/3).

Zelenskiy yang juga seorang Yahudi ini terus menekan Barat untuk mengirimkan bantuan lebih banyak jet tempur dan zona larangan terbang yang telah ditolak NATO.

Zelenskiy menyebutkan daftar kota dan daerah yang dihancurkan pasukan Rusia, sementara jumlah orang Ukraina yang kalah jumlah berjuang dengan segala yang mereka miliki, bahkan walaupun mereka tidak memiliki senjata.

“Mereka melemparkan diri mereka ke bawah tank – hanya agar Anda memahami apa yang terjadi di sini,” ujarnya.

Zelenskiy mengatakan, Rusia tidak membiarkan orang keluar dari daerah dan kota-kota yang mereka serang, tidak mengizinkan distribusi makanan dan air dan memutuskan jaringan internet, televisi, dan listrik.

“Semua ini terjadi selama masa Nazi,” ujarnya.

“Kelangsungan hidup bangsa Ukraina – pertanyaannya akan sama dengan anti-semitisme. Jutaan orang ini akan dimusnahkan.”

Dia juga mengatakan 13 orang tewas dalam pengeboman di sebuah toko kue di Kiev pada Senin dan pada Minggu, 50 anak penderita kanker harus dipindah setelah rudal menghantam rumah sakit anak di kota itu.

Rusia menyebut serangannya ke Ukraina yang diluncurkan pada 24 Februari itu sebagai “operasi militer khusus” untuk menyingkirkan pemimpin Ukraina yang dia sebut sebagai neo-Nazi. Ukraina dan sekutunya menyebut ini sebagai dalih invasi untuk menaklukkan negara berpenduduk 44 juta tersebut.

Zelenskiy menambahkan, cakupan dan skala serangan Rusia di negaranya tidak diperkirakan dan menghancurkan seperti serangan 11 September 2001 di AS.

“Mereka mengebom hidup segala yang bergerak,” pungkasnya.(yaya)