2.433 Rumah Warga di Cirebon Terendam Banjir

Ilustrasi banjir di Cirebon. Ist

Fokusmedan.com : Sebanyak 2.433 unit rumah warga diKabupaten Cirebon, Jawa Barat, terendam banjir dengan ketinggian hingga dua meter. Banjir terjadi usai hujan deras mengguyur pada Sabtu (5/3) sore hingga malam hari.

“Ada 2.433 rumah milik warga dan puluhan fasilitas umum yang terendam banjir,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon Jawa Barat Alex Suheriyawan di Cirebon, seperti dikutip Antara, Minggu (6/3/2022).

Rumah warga yang terendam banjir itu tersebar di beberapa desa di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Waled, Plered, Arjawinangun, dan Klangenan.

Hujan deras membuat sungai yang melintasi daerah tersebut meluap dan masuk ke pemukiman warga yang berada di sekitar lokasi.

“Banjir ini disebabkan intensitas hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan Sungai Ciberes, Cikenanga dan Posong meluap ke pemukiman warga,” ujarnya.

Adapun ketinggian air yang merendam banjir di beberapa desa di empat kecamatan itu mulai dari 30 sentimeter hingga dua meter.

Sementara, untuk warga yang terdampak banjir tercatat sebanyak 3.364 KK atau 9.707 jiwa, sedangkan yang mengungsi ke tempat lebih aman ada 75 jiwa.

“Untuk kondisi hingga Minggu (6/3) pagi, ada yang sudah surut dan sebagian masih terendam banjir,” terangnya.

Lebih lanjut, Alex memastikan pihaknya langsung menerjunkan tim untuk melakukan pendataan dan evakuasi bagi warga yang rumahnya terendam banjir.(ng)