Kelihatan Sepele, Ini Komponen Yang Perlu Di Cek Ketika Indikator Jarum Bensin Rusak

Fokusmedan.com : Tidak banyak yang tahu, bahwa indikator jarum bensin pada motor merupakan komponen yang cukup penting bagi pengguna sepeda motor. Hal ini dikarenakan dengan indikator jarum bensin tersebut akan menjadi komponen pemberi peringatan kepada pengguna motor untuk mengisi bahan bakar motornya. Cukup kesulitan jika komponen ini rusak, tentunya anda tidak bisa melihat perkiraan banyaknya persediaan bahan bakar motor anda.

Tak berbeda dengan komponen motor lainnya, jarum indikator bensin juga memiliki waktu pemakaian. Biasanya jika jarum indikator bensin sudah melewati waktu pemakaian 5 tahun, maka komponen tersebut akan mulai tidak sesuai atau tidak akurat. Anda bisa cek komponen ini jika merasa jarum indikator bensin anda bermasalah :

1. Kelistrikan pada motor.
Komponen ini sebagai pengalir arus dan sinyal dari fuel sensor, sehingga jika kabel kelistrikan putus atau bermasalah maka listrik tidak bisa disalurkan pada sepeda motor anda. Tak hanya itu, hal tersebut bisa menyebabkan indikator motor anda tidak berfungsi. Anda bisa mengecek jalur kabel yang menggerakkan jarum indikator motor, tes dengan alat pengukur arus, sehingga jika ada yang tidak normal, berarti ada masalah pada jalur kabel.

2. Aki Motor
Jika aki pada motor anda rusak atau lemah maka indikator motor sudah pasti tidak bisa berfungsi normal. Cara mengetahui aki bermasalah atau tidak, bisa di cek pada bunyi klakson atau tombol starter motor anda.

3. Pelampung bensin pada motor.
Setelah dipastikan aki masih sehat, beralih pada pelampung. Pelampung ini berada di sebelah tutup bensin, biasanya ada besi dengan kabel yang direkatkan ke tangki dengan baut. Untuk mengecek komponen itu, dibutuhkan beberapa alat seperti obeng dan kunci ring 10. Jika sudah dibuka, anda bisa lepas soketnya, dan sambungkan dua kabel yang menganga.

4. Speedometer motor
Jika komponen sebelumnya, menunjukkan keadaan komponennya masih normal. Maka anda bisa cek pada bagian speedometernya. jika Speedometer rusak maka hanya ada satu opsi yaitu dengan menggantinya terutama sepeda motor yang umum saat ini menggunakan digital panel meter.

Jika anda kurang pemahaman tentang motor Honda anda, anda bisa melakukan perbaikan atau pengecekan di Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) terdekat. Tak hanya itu, Honda juga memberi kemudahan kepada anda dengan cara Booking Servis via aplikasi Honda Sumut.

Sementara itu Edi Sudrajad selaku Service Network Head PT Indako Trading Coy mengungkapkan, melakukan perawatan motor secara rutin di AHASS, tidak hanya dapat memastikan motor prima dan mendukung #Cari_aman di jalan, servis di AHASS juga tidak menghilangkan masa garansi yang diberikan oleh pabrikan, seperti halnya garansi komponen kelistrikan, rangka, mesin, dan garansi komponen injeksi.(ril)