Pengungsi Ukraina Terus Meningkat, 500 Ribu Warga Menyeberang ke Negara Tetangga

Fokusmedan.com : Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan bahwa lebih dari 500 ribu pengungsi telah meninggalkan ukraina di tengah invasi Rusia yang berlangsung sejak Kamis (24/2). Lebih dari 500 ribu pengungsi itu telah melarikan diri dari Ukraina ke negara-negara tetangga.

“UNHCR bekerja dengan mitra dan otoritas lokal untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan mendukung mereka yang membutuhkan,” kata PBB dalam sebuah Tweet, seperti dilansir CNN, Senin (28/2).

Dalam tweet sebelumnya, Komisaris Tinggi PBB untuk pengungsian, Filippo Grandi mengatakan, negara-negara tetangga harus segera berbagi tanggung jawab terkait para pengungsi tersebut.

Sementara itu, Komisaris Dalam Negeri Uni Eropa Ylva Johansson mengatakan bahwa Uni Eropa telah menunjukkan persatuan dan tindakan tegas menanggapi invasi Rusia ke Ukraina. Sejumlah negara Uni Eropa diketahui memberikan saksi berupa penutupan jalur udara terhadap pesawat Rusia menyusul serangan ke Ukraina.

“Saya juga melihat perlunya Komisi Eropa untuk meningkatkan dukungan dalam hal pendanaan, personel, dan aspek lainnya,” kata Ylva saat berbicara dari kamp pengungsi keliling di titik perbatasan Siret di Rumania.

Serangan Rusia terhadap Ukraina tak kunjung mereda. Hari ini memasuki serangan hari kelima setelah serangan pertama dilakukan pada Kamis (24/2) lalu.(yaya)