Sejumlah Tangki Minyak di Vasylkiv Ukraina Terbakar

Sejumlah tangki minyak di Vasylkiv, Ukraina, terbakar. Antara

Fokusmedan.com : Sejumlah tangki minyak di Kota Vasylkiv, Ukraina, dilaporkan terbakar. Wali Kota Vasulkiv, Natalia Balasynovych mengatakan, Rusia ingin menghancurkan segalanya setelah dua ledakan besar terjadi pada Minggu (27/2).

Anda bisa melihat apa yang terjadi, Anda bisa melihat api. Sayangnya, ini adalah depot penyimpanan minyak di desa Krackhy,” kata Balasynovych dalam video yang diunggah di Facebook, dikutip CNN, Minggu (27/2).

Kebakaran terjadi di tempat penyimpanan minyak di Pangkalan Udara Vasylkiv, yang terletak di barat daya ibu kota Ukraina, Kiev.

Ia kemudian berkata, “Anda sudah melihatnya sepanjang hari ada peluncuran rudal balistik. Lapangan terbang kami juga ditembak, tapi kami mengamankannya, (lapangan terbang itu) di bawah kendali Ukraina.”

Rusia melakukan gempuran, termasuk di Kota Vasylkiv sejak hari pertama invasi pada Kamis (24/2). Wilayah tersebut juga menjadi medan pertempuran sengit pada Jumat (25/2) lalu. Namun, Balasynovych mengaku akan terus bertahan di kota itu.

“Malam akan sulit di sini, juga di Kiev, tetapi kami akan bertahan dan kami akan menang, karena Tuhan bersama kami,” ujar dia.

Sebelumnya, terdengar dua ledakan besar terjadi di sekitar Vasylkiv. Kota ini memiliki sejumlah tangki bahan bakar.

Ukraina berada dalam kepungan Rusia usai Presiden Vladimir Putin mengumumkan invasi ke wilayah Donbas, Ukraina Timur, yang dikuasai kelompok separatis Pro-Moskow.

Tak lama setelah pengumuman itu, pasukan Rusia merangsek masuk dari tiga sisi, yakni Belarus dari utara, Crimea dari selatan, dan Donbas dari timur. Sesaat kemudian, ledakan terjadi di sejumlah kota.

Pertempuran antara pasukan Rusia dan Ukraina pun tak bisa dihindari. Hingga kini, menurut data pemerintahan Kiev, 198 orang meninggal dunia dan 120 ribu warga mengungsi imbas invasi tersebut.(ng)