Indonesia Raup Rp10,26 Miliar dari Importir Meksiko

Indonesia kantongi Rp10,26 miliar dari importir Meksiko. Antara

Fokusmedan.com : Indonesia meraup US$714 ribu atau setara Rp10,26 miliar (kurs Rp14.371 per dolar) dari kesepakatan dagang antara eksportir Indonesia dengan importir Meksiko.

Kesepakatan itu dilakukan antara PT Asia Garment Internasional dengan Pareos Del Mar dan antara PT Stone Mall Indonesia dengan Sukabumi Stone Mexico secara daring pada Selasa (16/2).

“Kementerian Perdagangan sangat mendukung eksportir Indonesia untuk lebih mengembangkan pasarnya,” ungkap Direktur Promosi Dan Citra Kementerian Perdagangan Merry Maryati, dikutip dari keterangan resmi di laman CNN, Sabtu (26/2/2022).

Merry menyatakan penandatangan komitmen dagang merupakan sinergi Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Mexico City bersama dengan KBRI Mexico City.

Sementara itu, Kepala ITPC Mexico City Husodo Kuncoro Yakti menyatakan importir Meksiko yang mengimpor produk Indonesia tersebut menyatakan kepuasannya terhadap produk Indonesia.

“Corak kain sarung pantai, pakaian pantai, serta pakaian musim panas dari PT Asia Garment Internasional sangat diminati di daerah wisata pantai yang ada di Meksiko,” ujar Husodo.

Selain itu, kata dia, produk batu natural dalam bentuk bak cuci tangan, dekorasi dinding eksterior maupun interior, serta kolam renang dan bak mandi yang memiliki kesan selaras dengan alam juga digemari oleh pembeli.

Sementara, ia mengatakan produk kain pantai sudah dipasarkan di wilayah selatan Meksiko yang terkenal dengan wisata pantainya seperti di Cancun. Lalu, Husodo mengklaim bahwa produk batu alam juga digemari pemilik hotel maupun rumah-rumah yang ada di Meksiko sebagai pengisi ruangan.(ng)