Jangan Lalai, Ini Tips Ganti Oli Untuk Motor Matic

Fokusmedan.com : Untuk menjaga kondisi matic kesayangan agar tetap ideal, maka perawatan berkala penting dilakukan untuk mencegah kerusakan pada sistem dan komponen kendaraan, menjaga kondisi kendaraan agar tetap prima guna melindungi keselamatan diri sendiri maupun pengendara lainnya. Salah satu upaya yang dalapt dilakukan adalah dengan menjaga performa motor matic dengan mengganti Oli secara teratur.

Harus dipahami, bahwa penggantian oli motor matic secara teratur akan membuat komponen bagian dalam mesin selalu terlindungi, sehingga kinerja komponen mesin tetap bagus dan usia pakainya jadi lebih panjang. Manfaat lain yang dari penggantian oli juga dapat menjaga mesin motor matic agar selalu dalam keadaan bersih, sehingga performa mesin yang dihasilkan juga akan lebih bagus dan nyaman saat digunakan.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan, seiring waktu pemakaian motor matic, maka oli akan menjadi kotor dan kehilangan sifat kimianya. Selain itu kualitas oli mesin pun dapat berubah, baik fisik dan kemampuan oli dalam melumasi mesin. Karena itu, Honda mengajak para pengguna motor Honda untuk lebih peduli dan memperkaya pemahaman tentang hal-hal penting apa saja yang harus dilakukan saat penggantian oli pada motor.

Mlihat pentingnya peran oli dalam menjaga performa motor, maka Honda ingin membagikan beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait penggantian oli motor matic :

Pertama, dalam pemakaian normal, penggantian oli mesin Sebaiknya mengikuti anjuran jadwal perawatan berkala pada buku servis Tapi jika motor lebih sering melintasi jalur macet sebaiknya penggantian oli motor matic dilakukan lebih sering karena mesin tetap bekerja saat motor dalam keadaan diam di tengah kemacetan.

Kedua, bagi pengguna motor matic, ada dua oli yang digunakan dan harus rutin diganti. Selain oli mesin ada juga oli transmisi atau oli garden. Oli transmisi atau oli gardan punya fungsi penting untuk melumasi dan melancarkan kinerja gear ratio pada sistem transmisi otomatis. Jika sering terlambat atau salah spesifikasi saat mengganti oli gardan, maka kerusakan pada gear ratio bisa terjadi.

Ketiga, Selain memperhatikan waktu penggantian oli, volume dan kondisi oli di dalam mesin juga harus diperhatikan. Pasalnya, oli motor matic bisa menguap membuat volumenya berkurang. Jika volume oli berkurang, akan membuat kinerja mesin menurun dan bisa membuat kerusakan komponen dalam mesin akibat daya lumas pada komponen yang saling bergesekan menurun.

Keempat, ketika interval penggantian oli sudah tercapai baik dari waktu pemakaian atau jarak tempuh, maka segeralah lakukan penggantian oli meski mesin dirasa masih dalam kondisi optimal. Seiring pemakaian dan kerja oli di dalam ruang mesin, daya lumasnya akan berkurang. Hal ini disebabkan zat aditif di dalam kandungan oli yang bekerja untuk melindungi dan membersihkan komponen dalam mesin menurun.

Kelima, memanfaatkan Layanan AHASS Servis Kunjung AHASS (ASK) sebagai salah satu inovasi dalam pelayanan kepada konsumen adalah Service di rumah. Dimana dengan layanan ini, konsumen dapat menghemat dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin di rumah, sehingga seluruh komponen dan performa motor matic tetap dalam kondisi prima.

“Dengan semangat Satu Hati, Honda terus berupaya memenuhi kebutuhan para pecintanya dalam melakukan perawatan rutin motor kesayangannya dengan layanan servis berkualitas melalui tangan-tangan para tenaga ahli yang mumpuni di bidangnya, Semoga setiap tips berkendara dan perawatan motor yang diberikan dapat bermanfaat dalam mendukung keselamatan dan kelancaran dalam beraktivitas harian bersama motor Honda “ ujar Erwin Chandra.(ril)