Kabar Rusia Dipastikan Invasi Ukraina, IHSG dan Rupiah Terpuruk

Ilustrasi kinerja Rupiah. Ist

Fokusmedan.com : Rusia pada akhirnya benar benar menginvasi Ukraina. Kabar tersebut memicu tekanan pada pasar keuangan global dan sejumlah bursa di Asia mengalami penurunan yang signifikan.

Kabar invasi tersebut juga membuat IHSG berada di zona merah. Padahal IHSG di sesi perdagangan pertama sempat menguat tipis di level 6.929.

Namun, kinerja IHSG setelahnya berada di zona merah bahkan sempat terkoreksi lebih dari 2 persen. Pada hari ini IHSG ditutup melemah 1.48 persen di level 6.817,82.

Sementara itu, kinerja mata uang Rupiah juga diperdagangkan melemah meskipun pelemahan rupiah relatif terbatas. Rupiah pada perdagangan sore ini di transaksikan di kisaran level 14.387 per US Dolar.

Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, belum bisa dipastikan bagaimana pengaruh invasi ini terhadap pasar keuangan global. Namun seandainya invasi ini berlangsung untuk waktu yang lama tekanan pada pasar keuangan tidak akan selama invasi berlangsung.

“Pasar keuangan pada akhirnya akan menemukan titik keseimbangan baru, setelah dampak negatif invasi itu sendiri benar benar sudah dikalkulasikan penuh tekanannya terhadap pasar keuangan,” ujarnya, Kamis (24/2/2022).

Di sisi lain, harga emas dunia melaju dengan kenaikan yang fantastis. Sejauh ini harga emas ditransaksikan di level $1.946 per ons troy. Masih berpeluang untuk mencapai harga $2.000 per ons troy dalam jangka pendek.(ng)