Disdik Sumut Sebut Kasus Covid-19 Turun Jadi 291 Sekolah

lustrasi belajar tatap muka dengan prokes. Antara

Fokusmedan.com : Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Utara (Sumut) menyebutkan, saat ini sedikitnya terdapat 291sekolah yang terpapar Covid-19. Jumlah tersebut turun dari sebelumnya 345 sekolah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Lasro Marbun mengatakan, ratusan sekolah terpaksa menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Seluruh sekolah dibawah naungan Disdik Sumut, baik SMA, SMK dan SLB di Sumut berjumlah 2.110 sekolah.

“Jadi, ada 291 melaksanakan PJJ. Tapi, saya tidak ingat daerahnya,” ucapnya, Rabu (23/2/2022).

Untuk jumlah siswa ataupun guru yang positif Covid-19, lanjutnya, ia tidak tahu pasti. Namun, diakuinya, ia selalu update dan jumlahnya berkurang setiap hari.
Satgas Penanganan Covid-19 Sumut mengimbau Perguruan Tinggi menggelar PTM untuk memberlakukan sistem perkuliahan hybrid, yakni 50 persen PTM dan 50 persen PJJ.

Begitu juga, tim Satgas Penanganan Covid-19 Sumut juta terus melakukan monitoring dan evaluasi PTM terbatas di sekolah mulai PAUD/TK hingga Perguruan Tinggi dan menunggu laporan dari laporan 33 Kabupaten/Kota di Sumut.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyebutkan akan melakukan evaluasi terhadap proses PTM dan pembatasan kegiatan masyarakat.

“Kita masih level 1 dan level 2. Untuk mencakup sekolah masih kita lakukan 50% sampai batas mana kita evaluasi,” sebut Edy kepada wartawan di Kantor Gubernur Sumut di Kota Medan, Selasa (15/2) lalu.

Terkhusus aktivitas di sekolah dalam pelaksanaan PTM, Edy mengatakan akan melihat perkembangan kasus aktif Covid-19 di Sumut. Tidak tutup kemungkinan sekolah akan ditutup sementara dan dialihkan ke proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) 100 persen.(ng)