Biaya Perjalanan Dinas Melonjak Signifikan di Januari 2022

Fokusmedan.com : Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan biaya perjalanan dinas kementerian/lembaga di awal tahun meningkat signifikan. Per Januari biaya perjalanan dinas naik 69,1 persen, yakni sekitar Rp400 miliar dari yang sebelumnya hanya sekitar Rp200 miliar.

“Ada yang menonjol yaitu perjalanan dinas, Rp0,4 triliun pada Januari tahun ini dibandingkan tahun lalu Rp0,2 triliun,” kata Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN KiTa, Jakarta, Selasa (22/2).

Dia menjelaskan, peningkatan yang signifikan ini karena pada bulan Januari kondisi penyebaran Covid-19 relatif rendah. Sehingga banyak kementerian/lembaga yang melakukan perjalanan dinas. Sementara pada tahun 2021, kasus Covid-19 meningkat pasca libur natal dan tahun baru 2020.

“Terjadi kenaikan 69 persen karena pada Januari kemarin situasi Covid-19 relatif sangat rendah,” kata dia.

Meski begitu, realisasi belanja barang relatif sama dengan tahun sebelumnya yakni Rp3,3 triliun. Tidak jauh berbeda dengan realisasi tahun lalu sebesar Rp3,5 triliun.

Realisasi belanja barang sebagian untuk barang-barang operasional terutama Kementerian Pertahanan (sekitar Rp800 miliar) Polri (sekitar Rp630 miliar), Kemendikbud (sekitar Rp600 juta) dan Kemenkeu (sekitar Rp200 miliar). Belanja tersebut digunakan untuk pelayanan perkantoran, publik dan dari sisi keamanan.

“Realisasi belanja ini lebih rendah terutama karena kegiatan pemeliharaan dan belanja lebih rendah,” kata dia.(yaya)