Harga Komoditi Meroket, Volume Ekspor Indonesia Justru Menurun


Fokus
medan.com
: Kinerja ekspor selama pandemi Covid-19 telah menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Apalagi di tahun 2021, terjadi kenaikan harga komoditas yang membuat pendapatan negara melebihi target APBN.

Hanya saja, tingginya harga komoditas tersebut tidak sejalan dengan penambahan volume ekspor. Bahkan volume ekspor pada Januari mengalami penurunan akibat larangan ekspor batubara.

“Terjadi pertumbuhan harga tapi volume tidak besar, di Januari ini volumenya menurun tapi terkompensasi dengan harga,” kata Kepala Pusat Ekonomi Makro, Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan, Abdurahman, Jakarta, Senin (21/2).

Selain itu, volume impor juga mengalami penurunan karena pola bulanan. Disisi ekspor, faktor harga mendominasi khususnya pada komponen non migas. Sementara disisi impor, faktor harga mendominasi pada komponen impor migas.

Berdasarkan data, surplus neraca perdagangan Januari 2022 mencapai USD 930 juta, melanjutkan tren surplus selama 21 bulan berturut-turut. Ekspor di bulan Januari lalu tercatat mencapai USD 19,16 miliar. Sementara itu, impor di bulan Januari 2022 sebesar USD 18,23 miliar, tumbuh sebesar 36,77 persen (yoy).(yaya)