Ini Empat Isu Prioritas Dibahas Forum Y20 Presidensi Indoensia


Fokus
medan.com
: Forum Youth G20 atau (Y20) merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan G20 Presidensi Indonesia. Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali mengatakan, ada 4 isu yang akan dibahas dalam forum pemuda internasional ini. Keempat isu tersebut antara lain ketenagakerjaan muda, transformasi digital yang berkelanjutan, keanekaragaman dan inklusivitas.

“Y20 ini akan fokus membahas 4 isu prioritas global,” kata Zainuddin saat membuka acara Kick of Meting Y20 Indonesia 20202, G20 Presidensi Indonesia, Jakarta, Sabtu (19/2).

Zainuddin meminta para delegasi berbagai negara untuk memberikan kontribusi berupa ide-ide yang inovatif terkait empat isu tersebut. Termasuk juga untuk menjawab berbagai tantangan yang sedang dan akan dihadapi selama masa pandemi Covid-19.

“Saya percaya dan punya keyakinan pemimpin masa depan ini di sini memiliki banyak pemikiran dan ide kreatif yang bantu mereka tumbuh berkembang dalam situasi pandemi,” kata dia.

Sebenarnya,3 dari 4 isu tersebut merupakan warisan dari pelaksanaan presidensi-presidensi sebelumnya. Hanya isu keanekaragaman yang menjadi topik baru dalam pelaksanaan Y20. Isu organik yang diusung Indoensia ini sebagai upaya mempromosikan bhineka tunggal ika dan semangat gotong royong berdasarkan pancasila ke dunia.

“Isu keanekaragaman ini penting karena ada banyak keragaman seperti keragaman ekonomi kreatif,” kata dia.

Saat ini kata Zainuddin ada lebih dari 1,8 miliar generasi muda di dunia. Sebagian mereka telah ikut turun tangan dalam mengatasi masalah akibat pandemi.(yaya)